Sulit Ciptakan Rutinitas Berolahraga? Yuk, Coba 5 Tips ini!

  • Sabtu, 03/04/2021 - 07:47 WIB
Sobat Souja, menumbuhkan niat berolahraga lalu konsisten menjadikannya sebagai aktivitas rutin merupakan sebuah tantangan tersendiri. Sebetulnya, membiasakan diri rajin olahraga setiap harinya tidak sesulit yang kita bayangkan. Nah, jika kamu sedang berusaha membangun rutinitas berolahraga tapi sulit mendapatkannya, lima tips berikut bisa membantu untuk lebih rajin berolahraga: 


Mencari Motivasi 
Kita bisa saja mencari banyak informasi olahraga di internet atau lini masa media sosial, tetapi perubahan gaya hidup yang sebenarnya adalah ketika diri kita terdorong untuk merealisasikannya ke kebiasaan harian. Mendapatkan motivasi dari orang lain saja tidak cukup. Kita harus punya motif internal di dalam diri kita yang dapat mendorong kita untuk mau menjalani rutinitas itu. 


Temukan Rutinitas 
Membangun kebiasaan berolahraga tak harus dengan membeli treadmill atau sepeda statis mahal supaya diri kita terpaksa untuk berolahraga. Sederhana saja, cukup temukan waktu untuk jalan kaki di sekitar, naik-turun tangga atau menanjak di bukit dekat rumah, jogging di sekitar taman. Temukan waktu yang paling memungkinkan buatmu berolahraga. Mulailah meluangkan sedikit waktu dan tingkatkan terus durasinya setiap hari. Lama-kelamaan, itu akan menjadi bagian dari rutinitas harian Sobat. Jika memungkinkan, kombinasikan dengan sesi bersosialisasi dengan orang lain untuk menambah motivasi. 


Ganti Kebiasaan Buruk Secara Bertahap
Berkomitmen untuk rutin berolahraga idealnya dibarengi dengan penyesuaian terhadap gaya hidup sehat lainnya. Misalnya, tidur lebih lama, berhenti mengonsunsi gula, minum lebih bnyak air, dan lainnya. Namun, jangan mencoba mengganti semua kebiasaan itu dalam satu waktu. Gantilah secara bertahap agar tidak membuat frustrasi. 


Jangan Berlebihan 
Ketika pertama kali membangun kebiasaan olahraga, konsistensi lebih penting daripada durasi atau intensitas. Akan lebih mudah untuk menjalani kebiasaan berolahraga rutin ketika kita berkomitmen melakukannya setiap hari, dengan beberapa hari di antaranya kita mungkin hanya menjalani aktivitas ringan seperti jalan kaki 10 menit. Jika perlu, atur pengingat sehingga tidak lantas melupakan komitmen tersebut. Tak masalah untuk meluangkan waktu olahraga sebentar saja, bahkan jika hanya 20 menit saja setiap harinya. 


Jangan Terburu Buru
Banyak pakar mengatakan waktu yang dibutuhkan untuk mengukuhkan kebiasaan baru adalah sekitar tiga hingga empat minggu. Namun, itu bukanlah patokan mutlak. Seberapa cepat kita membuat kebiasaan baru bergantung dari motivasi masing-masing individu dan bagaimana motivasi tersebut dieksekusi. Setiap orang mungkin berbeda, tapi aturan 21/90 mungkin bisa menjadi patokan yang baik, yakni 21 hari untuk membuat kebiasaan baru dan 90 hari untuk menjadikannya gaya hidup.


Sumber: Kompas.com




About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.