6 Tips Menjaga Kesehatan Mata Selama WFH

  • Jumat, 02/04/2021 - 08:27 WIB
Sobat Souja, apakah kamu termasuk pekerja yang harus berakivitas di rumah sejak pandemi atau melakukan Work from Home (WFH)? Jika jawabannya ita, maka kamu harus memerhatikan kesehatan mata sebagai salah satu modal utama agar pekerjaanmu optimal. Seperti diketahui, mata yang terlalu lama menatap layar laptop atau komputer bisa menyebabkan ketegangan mata digital.  Gejalanya antara lain penglihatan kabur, sakit kepala, mata kering, serta mata lelah. Gejala ini muncul akibat mata kita yang terlalu fokus menatap layar laptop, membuat mata kita jarang berkedip. Padahal, ketika berkedip bisa membuat permukaan mata tetap lembap. 


Menurut Dr. Dianna Seldomridge, juru bicara klinis American Academy of Ophthalmology (AAO), ada beberapa perubahan sederhana yang dapat diakukan untuk meredakan ketidaknyamanan pada mata akibat terlalu lama menatap layar komputer. Apa saja? Simak beberapa tips ini, yuk!  


Gunakan Kacamata Anti Radiasi
Konsultasikan ke dokter mata tentang penggunaan kacamata komputer yang memiliki lensa yang dirancang khusus untuk fokus pada layar komputer.


Istirahatkan Mata
Istirahatkan mata secara teratur dengan mengikuti aturan 20-20-20. Setel timer di ponsel atau jam tangan untuk mengingatkan kamu agar melihat sejauh 20 kaki setiap 20 menit selama 20 detik. Atau bisa saja memejamkan mata selama 20 detik. 


Menyesuaikan Pengaturan Pencahayaan dan Kontras
Atur kecerahan pada layar komputer atau gadgetmu dengan baik. Jangan terlalu cerah, jangan pula terlalu redup. Pengaturan warna layar yang terlalu mencolok beresiko membuat mata Sobat gampang lelah kala menatapkan selama beberapa jam.


Duduk 18 - 25 inci dari Layar Komputer 
Ya, 18 hingga 25 inci dari layar komputer itu kira-kira sepanjang lengan. Intinya adalah hindari menatap layar komputer atau alat elektronik terlalu dekat jaraknya. Ini bisa merusak mata dan juga tidak baik untuk kesehatan mata. 


Posisikan Layar Sesuai dengan Kenyamanan
Kamu bisa posisikan komputer dengan pandangan mata sedikit menatap ke bawah, tidak lurus ke depan atau ke atas. Ini juga baik untuk diterapkan agar mata tidak terlalu tegang. 


Gunakan Pelembab Udara
Menggunakan pelembap udara bisa menambah kelembapan udara dan meminimalkan mata kering. Ya, pelembab udara semakin populer dalam beberapa tahun belakangan. Kamu juga bisa memilih pelembab udara seperti aroma diffuser yang bisa kamu tetesi dengan minyak esensial, agar kondisi moodmu lebih bersemangat serta relax saat bekerja. 


Sumber: Kompas.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.