Tampak Sama, Ini Perbedaan Body Lotion dan Body Butter

  • Senin, 05/04/2021 - 10:26 WIB
Hai, Sobat Souja! Ketika kulit terasa kering, menggunakan produk pelembap secada rutin bisa menjadi solusi. 

Body lotion adalah salah satu produk pelembap yang sering kita temukan di pasaran. Tapi, ada pula produk pelembap kulit yang disebut body butter. Apa perbedaan body lotion dan body butter? 

Body lotion 

Meski keduanya berfungsi untuk menghidrasi kulit, body lotion cenderung lebih ringan daripada body butter. 

Selain itu, body lotion juga terasa tidak berminyak sehingga lebih mudah terserap ke dalam kulit. 

Menurut healthshots, body lotion adalah campuran emulsi dari air dan minyak, membuatnya bagus untuk orang-orang dengan kulit tidak terlalu kering. 

Orang-orang dengan kulit berminyak juga disarankan menggunakan body lotion karena lebih membutuhkan pelembap yang ringan. 

Body lotion lebih menghidrasi dan tidak lengket. Kandungan air di dalamnya lebih tinggi, membuatnya lebih menyebar dan membawa lebih sedikit bahan berlemak. 

Body lotion cenderung non-komedogenik dan tidak menyumbat pori-pori.  

Body butter 

Body butter terasa lebih berat di kulit, seperti balsem. Pelembap ini bagus untuk area kering di tubuh, seperti siku, tangan, tungkai dan kaki. 

Memiliki tekstur berminyak, body butter biasanya mengandung cocoa butter, shea butter, minyak kelapa, atau minyak nabati, sehingga sangat cocok untuk orang dengan kulit sangat kering dan memiliki permukaan kulit yang kasar.

Karena membawa lebih sedikit air, body butter lebih tidak menyebar dibandingkan dengan lotion. 

Gunakan body butter saat Anda membutuhkan produk pelembap yang lebih intensif. 

Jika kebanyakan body lotion dapat diaplikasikan di wajah, jangan mencoba mengaplikasikan body butter di wajah. 
Sebabnya, hal itu dapat menyebabkan jerawat atau membuat wajah menjadi lebih gelap karena kandungan minyak berlebih dan kadar air yang lebih sedikit. 

Sebaiknya, gunakan body butter di malam hari karena kulit dalam mode perbaikan saat kita tidur sehingga penggunaannya lebih efektif. 

Jadi, pilih body lotion atau body butter? Pilihan tergantung pada jenis kulit Anda. Perbedaan body lotion dan body butter ada pada fungsinya. 

Jika memiliki kulit yang relatif lebih kering dan kasar, menggunakan body butter dapat memberi manfaat lebih daripada body lotion. 

Namun, jika kulit tak terlalu kering tetapi membutuhkan produk untuk menjaga kulit tetap terhidrasi, body lotion bisa menjadi pilihan. 

Body lotion juga lebih mudah diserap oleh kulit. Sementara body butter, menurut SkinKraft Laboratories, bisa memakan waktu sekitar setengah jam hingga meresap sempurna. 

Untuk hasil terbaik, aplikasikan produk segera setelah mandi.

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.