Hai, Sobat Souja! Sorgum adalah salah satu jenis rumput dalam famili poaceae, yang meliputi fescue, serai, dan bahkan bam" />

4 Manfaat Sorgum sebagai Pengganti Beras

  • Senin, 26/04/2021 - 09:43 WIB
Hai, Sobat Souja! Sorgum adalah salah satu jenis rumput dalam famili poaceae, yang meliputi fescue, serai, dan bahkan bambu. 

Sebagai tanaman yang tahan kekeringan, tumbuhan ini sangat dicari, terutama di daerah yang curah hujannya jarang, atau di daerah gersang. 

Sorgum adalah tanaman pokok di banyak wilayah di dunia, terutama di Afrika. Tapi tak hanya di Afrika, Sorgum juga ditanam di Indonesia, terutama di daerah Lombok. 
 
Sorgum ini bisa menjadi makanan pengganti nasi. Tentu, sorgum juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan seperti: 

1. Meningkatkan kesehatan jantung 
 
dd 
Sumber: 8Villages 

Berbagai mineral, vitamin, dan nutrisi dalam sorgum menjadikannya biji-bijian yang menyehatkan jantung. 

"Ini kaya serat, magnesium, dan kalium, yang memiliki peran penting dalam kesehatan jantung yang baik," kata Jen Hernandez, ahli gizi dan ahli diet berlisensi di Kentucky, Amerika Serikat. 

Serat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah yang mana kondisi ini yang bisa meningkatkan risiko masalah jantung. 

2. Mengelola gula darah untuk diabetes 
 
d
Sumber: SehatQ 

Serat pada sorgum dapat membantu mengelola gula darah (glukosa), yang merupakan aspek penting dalam hidup dengan diabetes. 

“Serat dapat membantu memperlambat penyerapan glukosa ke dalam aliran darah,” kata Hernandez. 

Hernandez menjelaskan tentang sorgum dan diabetes, di mana serat mampu menjaga glukosa makanan dari pembuangan ke dalam darah, dan menyebabkan lonjakan gula darah.

3. Menurunkan kolesterol
 
d 
Sumber: Technology Indonesia 

“Serat larut mengikat partikel kolesterol, yang mencegahnya diserap ke dalam aliran darah,” kata Hernandez. 

Tetapi sorgum tidak hanya menurunkan kolesterol melalui kandungan seratnya. Sterol tumbuhan dalam biji-bijian seperti sorgum ini membantu tubuh mencegah penyerapan kolesterol. 

"Sorgum membantu menurunkan kolesterol LDL yang berbahaya, karena merupakan biji-bijian utuh yang memiliki banyak senyawa bioaktif yang terkait dengan sifat penurun kolesterol, termasuk sterol," kata Hernandez. 

Sterol tanaman adalah zat yang rumit. Dalam hal struktur kimianya, mereka mirip dengan kolesterol makanan. 

“Yang terjadi ketika kita mengonsumsi sterol, maka sterol menggunakan beberapa reseptor kolesterol dalam tubuh." 
"Jadi ketika kita makan sesuatu yang mengandung kolesterol, seperti steak, tubuh tidak dapat menyerap kolesterol,” kata Julie Upton, ahli diet terdaftar di San Francisco, AS. 

“Kandungan ini membantu memblokade kolesterol,” kata dia. 
 
4. Aman untuk penyakit celiac 
 
d 
Sumber: Satu Harapan 
 
Gluten ini ditemukan pada gandum dan gandum hitam. Nah, penyakit celiac adalah penyakit autoimun yang terjadi akibat mengonsumsi gluten. 

Pada penderita penyakit celiac, protein dalam gluten dapat merusak usus halus dan mengurangi penyerapan nutrisi penting. 

Selain itu, kandungan tersebut juga bisa menimbulkan gejala seperti kembung atau diare. 

Untuk itu, sorgum bisa menjadi pilihan yang pas untuk dikonsumsi, karena bebas dari gluten.

Sumber: Kompas.com


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.