Bisa Kurangi Efektivitas Vaksin, Yuk Hindari 5 Makanan dan Minuman Ini

  • Rabu, 07/04/2021 - 09:44 WIB
Hai, Sobat Souja! Sejumlah penelitian ilmiah menunjukkan bahwa efektivitas vaksin mampu dipengaruhi oleh asupan makanan dan minuman sehat. Apabila seseorang hidup dengan pola makan yang buruk, maka vaksin konon tak akan bekerja dengan maksimal dalam tubuh.

Oleh sebab itu, nutrisi dari makanan dan minuman yang dikonsumsi sangat perlu kamu perhatikan. Mengutip Eat This, terlampir penelitian dari Ohio State University pada jurnal Advance Social Sciences & Humanities, mengenai persiapan wajib saat hendak divaksin.

Sebanyak 49 studi terkait vaksinasi mengungkapkan, adanya pengaruh kesehatan fisik dan emosi. Maka itu, para peneliti menyarankan untuk menghindari stres dan rutinitas kehidupan yang mengganggu. 

Mereka juga menekankan untuk melakukan pola makan yang tinggi serat dan minum banyak air putih. Tak lupa, rajinlah berolahraga, jangan konsumsi makanan olahan, tinggi gula, serta banyak lemak.

Bila kamu akan menerima vaksin dalam waktu dekat, maka itu lebih baik untuk menghindari beberapa makanan dan minuman berikut, guna mendukung kerja vaksin secara menyeluruh dalam tubuh.

1. Minuman bersoda dan manis
 
d 
Sumber: Klik Dokter 
 
Ilmuwan asal Harvard T.H. Chan School of Public Medicine, Vasanti S. Malik, mengatakan bila jenis minuman bersoda tidak baik untuk kesehatan. Begitupun dengan minuman dengan tambahan pemanis buatan.

Efek sampingnya bukan saja membuat berat badan naik, tapi, buruknya, mampu merusak ginjal, usus, kemampuan mengingat, penyakit jantung, hingga kematian.

2. Makanan olahan
 
d 
Sumber: Resep Toko Wahab 
 
Pada dasarnya, setiap makanan matang akan melalui pemrosesan yang cukup tinggi. Salah satunya tentu makanan olahan atau siap saji. Pada makanan olahan tersebut biasanya mengandung banyak tepung, gula putih, dan lemak.

"Makanan seperti ini cenderung memiliki zat aditif yang meningkatkan lemak, natrium, dan gula. Semua zat-zat tersebut biasanya digunakan agar makanan dapat tahan lama dan menambah kelezatan tapi tidak secara alami," ungkap Torey Armul, R.D juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics.

3. Minuman berenergi
 
d 
Sumber: Pop Mama 

Minuman jenis ini adalah pilihan terburuk untuk dikonsumsi sebelum dan sesudah vaksin. Kandungan seperti kafein dan turunan efedrin, berpotensi membuat seseorang bergantung padanya.

"Segala jenis minuman berenergi akan merusak kelenjar adrenal manusia. Dalam minuman ini pun juga terdapat gula, pengawet, serta warna dan rasa buatan," ungkap Chriz Fernandez, B.S., CPT, CEO Women's Health Interactive.

4. Minuman alkohol
 
d 
Sumber: Ekonomi bisnis 
 
Studi penelitian dari jurnal The Lancet tahun 2018, menjelaskan bahwa adanya keterkaitan antara konsumsi minuman alkohol dengan sejumlah efek gangguan kesehatan dan fungsi tubuh. 

Lebih lanjut, penelitian dalam jurnal tersebut, mengatakan bahwa minuman beralkohol akan merusak jantung, meningkatkan obesitas, risiko kemandulan, osteoporosis, sampai kerusakan hati. 

5. Makanan cepat saji
 
d 
Sumber: Klik Dokter 

Meski terbilang murah meriah dan lezat, sayangnya makanan cepat saji minim nutrisi dan tinggi kalori. Umumnya, makanan cepat saji diproses dengan tambahan gula, lemak, dan garam berlebih. Kandungan tersebut sangat mendukung penurunan kesehatan, terutama mampu meningkatkan kolesterol dalam darah.

Kalau kamu baru saja divaksin, hindari kelima jenis makanan di atas, ya!

Sumber: Kumparan.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.