Sobat Souja, memasuki bulan suci ramadhan yang akan datang sebentar lagi tentunya bagi sebagain Sobat muslim tanah air sudah sangat menantikan momen bahagia ini.
" />

Tips Aman Shalat Tarawih Berjemaah Di Masjid Selama Covid-19

  • Kamis, 08/04/2021 - 09:55 WIB
Sobat Souja, memasuki bulan suci ramadhan yang akan datang sebentar lagi tentunya bagi sebagain Sobat muslim tanah air sudah sangat menantikan momen bahagia ini. Namun, serupa pada Ramadhan tahun lalu pandemi Covid-19 masih juga belum berlalu. Beberapa ibadah yang biasanya dilakukan selama bulan ramadhan mau tidak mau diurungkan demi kebaikan bersama. Misalnya shalat tarawih. Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada tahun lalu menerapkan aturan shalat tarawih secara individu atau berjamaah bersama keluarga di rumah saja. Kabar baiknya, tahun ini pemerintah sudah memperbolehkan kita untuk melaksanakan shalat tarawih secara berjamaah lho di masjid.
 
shalat masker
Source: storage.id
Bahkan, menurut Ahli Epidemiologi Indonesia dan Peneliti Pandemi dari Griffith University Australia Dicky Budiman, shalat tarawih bisa saja dilakukan. Tidak hanya di zona hijau saja, karena menurutnya semua zona harus disikapi secara serius. Hanya saja dalam penyelenggaraan, ada beberapa hal yang wajib dilakukan. Pertama penerapan tetap menerapkan protokol yang telah dibuat pemerintah yaitu 5M dan 3T. Kedua adalah membuat aturan khusus pada masjid yaitu membatasi kapasitas dan membagi dalam beberapa kloter. Kapasitas ditentukan dan dibatasi waktunya, supaya bisa bergatian. Jarak juga disesuaikan yaitu 4 meter persegi. Misalnya luas masjid tadinya bisa menampung 100, buat hingga 25 atau 40 orang. Selain itu jeda di dalam masjid juga di atur, jangan lebih dari dua jam.

Selain itu, sirkulasi udara di dalam masjid juga perlu diperhatikan. Pada umumnya, beberapa masjid di kota-kota besar sudah ada yang menggunakan AC, namun alangkah baiknya jika hanya memakai kipas angin dan jendela yang dibiarkan terbuka lebar. Selanjutnya harus ada pendataan siapa saja yang berkunjung ke masjid dan kalau bisa hanya warga sekitar saja yang boleh melaksanakan shalat tarawih di masjid tersebut. Maka dari itu, diperlukanlah petugas masjid khusus yang mengatur itu semua. Masyarakat juga harus selalu dibiasakan memakai masker walau sudah berada di dalam masjid dan jangan lupa membawa alas salat sendiri.
 
shalat tarawih covid
Source: ayosemarang.com
Nah, itu dia Sobat Souja tips aman yang perlu diterapkan oleh pihak masjid yang akan menyelenggarakan shalat tarawih berjamaah selama masa pandemi di bulan suci ramadhan ini ya. Meskipun hukumnya tidak wajib shalat tarawih di masjid saat situasi seperti ini, namun tidak ada salahnya jika Sobat tetap melangsungkan shalat secara berjamaah bukan? Tapi selalu pastikan protokol kesehatan juga ya selama disana, agar semua tetap aman! Selamat menunaikan ibadah puasa sebentar lagi ya Sobat Souja.

Sumber artikel: Tribunnews.com
 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.