Hai Sobat Souja, apakah kalian termasuk salah satu orang yang kalau bepergian sering membawa pouch bag untuk menaruh barangmu? Selain melindungi benda berharga " />

DIY: Cara Praktis Membuat Pouch Bag Dari Kain Perca

  • Jumat, 09/04/2021 - 09:52 WIB
Hai Sobat Souja, apakah kalian termasuk salah satu orang yang kalau bepergian sering membawa pouch bag untuk menaruh barangmu? Selain melindungi benda berharga, pouch bag ini juga bisa membuat tampilan jadi lebih menarik dan elegan lho. Bentuk pouch saat ini memang sudah sangat beragam dan unik. Beberapa di antaranya dilengkapi dengan risleting, kancing ataupun tali. Memiliki pouch dengan ukuran yang pas tentu sangat membantumu ketika bepergian, terutama bagi Sobat yang gemar membawa banyak barang. Tapi, pouch bag yang gitu-gitu aja pasti bakalan bikin Sobat menjadi cepat bosan! Tenang saja, karena kali ini kita akan kasih tips DIY cara membuat pouch bag serbaguna dan tentunya eye-catching nih buat kalian yang ingin memiliki pouch bag yang berbeda dengan lainnya di pasaran. Langsung aja yuk, kita simak tipsnya DIY-nya di bawah ini!
 
pouch bag perca
Source: blogspot.com
 
Alat & Bahan Yang Diperlukan:
- Kain perca motif (pilih motif kesukaan)
- Kain polos / kain kanvas (untuk dalaman)
- Zipper
- Gunting
- Benang dan jarum jahit
- Charm untuk bagian detail zipper
 
Cara Membuat Pouch Bag:
1. Buat pola terlebih dulu agar memudahkan menggunting dan membuat pouch. Ukuran dapat kamu sesuaikan jika ingin pouch dengan ukuran besar atau kecil.
2. Gunting kain motif dan kain kanvas mengikuti pola yang telah dibuat.
3. Gunting zipper menyesuaikan panjang kain yang telah digunakan sebelumnya.
4. Sisakan kain dengan ukuran 1-2 cm untuk jahitan berikutnya.
5. Pasangkan zipper pada kain motif menggunakan jarum pentol.
6. Gabung ketiga bahan tersebut dengan urutan (kain motif–zipper–kain kanvas).
7. Lipat kain dengan posisi kain kanvas di bagian luar.
8. Sematkan zipper dan kain agar tetap rapi.
9. Mulai menjahit dari bagian zipper dan kain terlebih dulu.
10. Arahkan jahitan ke arah kanan dan kiri. Manfaatkan jarum pentol yang telah disematkan agar jahitan rapi.
11. Satukan bagian ujung pouch dengan jarum dan jahit.
12. Setelah menjahit semua bagian, balik kain motif ke bagian luar.
13. Untuk mempercantik zipper, kombinasikan dengan charm ya!

Nah, itu dia Sobat Souja cara praktis membuat pouch bag dengan menggunakan bahan kain perca, mudah bukan? Jika Sobat Souja tertarik menggunakan kain  baru dengan warna atau motif berbeda, cukup ganti bahan dan terapkan cara serupa. Yuk, mari kreasikan sendiri hasil pouch bag ciptaanmu untuk menaruh peralatan barang saat berpergian. Selamat mencobanya sendiri di rumah ya Sobat Souja!

Sumber artikel: Giftcard.co.id
 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.