Hai Sobat Souja, beberapa waktu yang lalu isu terorisme sempat terdengar kembali di Indonesia karena adanya bom bunuh diri di gereja dan juga aksi penembakan di kantor kepolisia" />

Rekomendasi Film Kisah Nyata Tentang Terorisme

  • Sabtu, 17/04/2021 - 10:07 WIB
Hai Sobat Souja, beberapa waktu yang lalu isu terorisme sempat terdengar kembali di Indonesia karena adanya bom bunuh diri di gereja dan juga aksi penembakan di kantor kepolisian. Bukan cuma di Indonesia, aksi terorisme kerap kali menjadi perhatian dunia internasional. Bahkan, beberapa sineas dunia perfilman kerap mengangkat beberapa kisah nyata isu terorisme untuk ditampilkan di layar lebar. Selain mendebarkan, film-film tentang aksi teroris yang diambil dari kisah nyata bakal bikin kalian seolah merasakan apa yang dirasakan para korban aksi teroris. kalian mungkin juga bakal jadi memahami latar belakang yang memicu aksi terorisme di beberapa negara. Berikut ini ada beberapa judul film tentang terorisme yang wajib Sobat tonton sembari menunggu waktu berbuka puasa, yuk mari kita simak bersama!
 
1. Munich (2005)
 
munich
Source: medium.com
Buat Sobat Souja yang suka menebak-nebak akhir cerita dari sebuah film, coba, deh, nonton film yang satu ini. Munich adalah film nominasi Oscar yang sangat menarik sekaligus kontroversial. Berdasarkan pada kisah nyata operasi Wrath of God, film ini menceritakan konflik antara Israel dan Palestina yang bahkan masih terjadi hingga saat ini.
 
2. World Trade Center (2006)
 
WTC
Source: idntimes.com
Tentu kalian ingat dengan aksi terorisme yang menyerang gedung bertingkat World Trade Center (WTC) di New York, Amerika Serikat? Kejadian pada 2001 ini pun sangat menghebohkan dunia. Sang sutradara, Oliver Stone, mengangkat aksi terorisme tersebut ke film berjudul World Trade Center ini dengan mengambil fokus cerita yang berpusat pada dua orang polisi yang terjebak di bawah reruntuhan bangunan. Film ini mendebarkan, mengharukan, dan mengerikan.
 
3. Zero Dark Thirty (2012)
 
zero dark
Source: blogspot.com
Film berjudul Zero Dark Thirty ini mengambil cerita penyerbuan Amerika ke markas teroris Al-Qaeda. Beberapa adegan di film ini memang merupakan reka ulang dari kejadian aslinya. Kisah Zero Dark Thirty didapatkan dari pengakuan beberapa pihak yang memang terlibat dalam kejadian teror menegangkan di lokasi aslinya. Film thriller ini tentu jadi terasa nyata karena kisah aslinya juga diekspos sama berbagai media internasional.
 
4. Captain Phillips (2013)
 
captain philip
Source: tstatic.net
Captain Phillips menceritakan sebuah misi penyelamatan setelah kapalnya dibajak oleh perompak Somalia, Kapten Phillips yang diperankan dengan sangat baik oleh Tom Hanks ini harus ikut menjadi sandera di dalam sebuah sekoci. Diangkat dari kisah nyata, Tom Hanks berhasil memerankan sosok seorang kapten kapal yang realistis. Upaya kapten kapal ini dalam melakukan negosiasi, komunikasi, hingga upaya melarikan diri adalah keputusan masuk akal saat seseorang berada di bawah tekanan.
 
5. Hotel Mumbai (2018)
 
hotel mumbai
Source: detik.net.id
Hotel Mumbai mengangkat cerita tentang kejadian terorisme di Mumbai, India, pada 2008. Bahkan enggak tanggung-tanggung, kepala koki Hotel Taj yang menjadi salah satu saksi hidup kejadian juga ikut muncul di dalam filmnya. Berbeda dengan aksi terorisme yang biasanya melibatkan konflik negara, Hotel Mumbai menampilkan penyelamatan yang dilakukan oleh para staf hotel. Enggak memakai pelatihan khusus layaknya aparatur negara, film ini tentu akan mempertontonkan tantangan yang berbeda.
 
Nah, itu dia Sobat Souja lima judul film mengenai aksi terorisme yang wajib masuk daftar tontonanmu selama bulan puasa ini. Film-film di atas memang menayangkan adegan terorisme yang identik dengan kekerasan. Namun, banyak hikmah yang bisa kalian ambil bahkan bisa kalian aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Terlepas pula dari kontroversi dan kritik yang ada, film-film tersebut cukup menarik buat kalian tonton di waktu ngabuburit ya. Selamat menonton Sobat Souja!

Sumber artikel: Kincir.com
 
 
 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.