Selain Air Putih, Sumber Cairan ini Membantumu Cegah Dehidrasi Saat Berpuasa

  • Senin, 26/04/2021 - 09:42 WIB
Sobat Souja, saat berpuasa tubuh memerlukan asupan cairan yang cukup agar tidak terjadi gangguan fungsi organ. Ya, kekurangan cairan pada awalnya akan memicu dehidrasi, kemudian dapat berpengaruh pada kondisi kesehatan lainnya. Seorang ahli nutrisi di Beverly Hills, Nancy Rahnama mengatakan bahwa dehidrasi dapat menimbulkan beberapa gejala termasuk kelelahan, sembelit, dan penurunan konsentrasi. Berikut beberapa pilihan minuman yang gantikan cairan tubuh selain air putih.


Buah - Buahan
Konsumsi buah-buahan seperti semangka, stroberi, jeruk, serta tomat, juga dapat menjadi minuman yang gantikan cairan tubuh. Pasalnya, buah-buahan tersebut memiliki kandungan air yang tinggi. 


Teh Herbal
Ada beragam teh herbal seperti teh adas, teh jahe, teh kamomil, teh kunyit, teh rosela, dan teh bunga krisan. Rasa dan aroma teh herbal dijamin tidak akan membuat aktivitas minum terasa hambar dan membosankan. Bahkan, teh herbal juga memberikan manfaat tambahan untuk kesehatan. Tidak hanya membantu menjaga tubuhmu tetap terhidrasi, tapi teh herbal juga menenangkan saraf yang lelah dan menenangkan pikiran. 


Susu
Susu disebutkan lebih baik untuk rehidrasi dan juga untuk melawan dehidrasi daripada air. Penyebabnya karena susu mengandung campuran alami karbohidrat, protein, dan natrium berkualitas baik yang membantu tubuh mempertahankan cairan. Sobat dapat bereksperimen dengan berbagai milkshake dan smoothie atau bahkan memilih buttermilk atau lassi yang dibuat dengan yogurt.


Air Kelapa 
Tidak diragukan lagi, air kelapa adalah minuman penghidrasi terbaik. Ini rendah kalori dan kaya kalium dan dikenal memiliki kualitas hidrasi yang lebih baik daripada air biasa. Air kelapa juga memberi energi di alam yang menjadikannya pengganti yang lebih sehat untuk minuman olahraga atau energi.


Jus Mentimun, Bit dan Jeruk
Mentimun diketahui mengandung 90 persen air dan merupakan salah satu sayuran yang paling menghidrasi tubuh. Jus sayuran lebih baik untuk hidrasi daripada jus buah karena kandungan gula alami dalam buah-buahan dapat menghambat hidrasi. Apalagi jus buah cenderung memiliki bentuk gula yang pekat. Alternatif lainnya yaitu jus jeruk. Ya, rasa menyegarkan jeruk bisa menjadi pilihan yang baik karena mengandung banyak elektrolit. Bahkan jus bit bagus untuk hidrasi dan juga berfungsi seperti pembersih darah alami.


Infused Water
Sobat bisa memberikan rasa pada air putih tanpa harus menambahkan sirup atau jenis gula tambahan lain. Tambahkan saja potongan buah atau sayur pada air putih yang disebut dengan infused water. Sobat cukup menyiapkan botol minum, air putih, dan potongan buah sesuai selera. Buah apapun bisa ditambahkan pada air seperti apel, stroberi, jeruk, persik, atau beri. Kemudian simpan campuran air dan potongan buah di dalam kulkas. Infused water pun siap dinikmati keesokan harinya.


Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.