Hai Sobat Souja, tahukah kalian? Kalau ternyata hampir seluruh orang pernah bermasalah dengan reaksi tubuh yang satu ini. Ya, sepertinya alergi sudah tak asing
" />

Coba Gunakan Bahan Alami Berikut Untuk Mengatasi Gatal Alergi

  • Senin, 19/04/2021 - 09:25 WIB
Hai Sobat Souja, tahukah kalian? Kalau ternyata hampir seluruh orang pernah bermasalah dengan reaksi tubuh yang satu ini. Ya, sepertinya alergi sudah tak asing dalam kehidupan setiap orang. Ciri-ciri yang tampak pun cukup beragam, dari mulai masalah alergi ringan hingga yang membutuhkan perawatan intens. Tetapi, apapun jenis alergi yang dialami seseorang, pastinya segera membutuhkan langkah penanganan untuk mengatasi berbagai tanda alergi yang menyerang. Tak melulu harus menggunakan obat atau dirawat di rumah sakit, kehadiran obat gatal alergi alami juga dapat menjadi salah satu solusi aman yang sangat minim efek samping. Kira-kira, apa saja ya bahan alaminya? Langsung aja yuk kita simak informasi lengkapnya di bawah ini.
 
kulit gatal merah
Source: kompas.com
 
1. Minyak Kelapa
Obat gatal alergi alami pertama yang dapat kamu coba ialah minyak kelapa. Dikenal dengan kandungan antibakteri dan antijamurnya, membuat minyak kelapa dipercaya dapat mengatasi berbagai tanda alergi pada kulit seperti kulit kemerahan, gatal-gatal, maupun tanda bengkak. Cukup dengan mengoleskan minyak kelapa ke area kulit yang alergi atau mengoleskannya terdahulu pada bahan alami lainnya seperti daun biduri.

2. Oatmeal
Seperti yang kita tahu, oatmeal kerap kali dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk mengatasi kulit yang sedang meradang akibat jerawat. Ternyata, oatmeal pun juga dapat digunakan sebagai obat gatal alergi alami yang dikarenakan oatmeal mengandung fenol yang bersifat untuk menenangkan. Untuk menggunakannya, cukup campurkan oatmeal dengan sedikit air hingga bertekstur bubur, kemudian baurkan pada bagian tubuh yang mengalami alergi atau kamu pun dapat mengonsumsinya langsung.

3. Lidah Buaya
Banyaknya merek kecantikan yang menggunakan lidah buaya sebagai kandungan utama pada rangkaian produk, disebabkan karena lidah buaya memiliki manfaat yang sangat beragam, salah satunya yaitu dapat menenangkan kulit yang kemerahan dan mengurangi rasa gatal. Itulah yang membuat lidah buaya disebut sebagai salah satu obat gatal alergi alami. Sobat dapat menggunakan lidah buaya yang sudah dikemas menjadi produk atau menggunakan bahan alaminya langsung.

4. Mentimun
Sama seperti lidah buaya, mentimun yang disebut sebagai obat gatal alergi alami ini juga dikenal dapat menenangkan kulit yang kemerahan dan gatal sehingga memberikan rasa nyaman nan sejuk pada kulit. Kandungan astringent merupakan kandungan bahan yang paling terkenal pada mentimun. Cara penggunaannya pun cukup mudah, kamu bisa menggunakannya dengan memotong secara tipis dan menggosoknya pada kulit atau menghancurkan mentimun dan mencampurnya dengan yoghurt.

5. Madu
Tak hanya dikenal memiliki rasa yang sangat manis, madu juga dikenal dengan kandungan antiseptik alaminya yang dapat menigkatkan perlindungan pada kulit serta mengatasi berbagai tanda alergi. Obat gatal alergi alami yang satu ini dapat Sobat gunakan dengan cara mengoleskannya saja langsung pada bagian kulit yang mengalami alergi dan menjadikannya sebagai masker.
 
bahan alami gatal
Source: akamaized.net
Nah, itu dia Sobat Souja beberapa macam bahan alami yang bisa kalian coba gunakan ketika sedang mengalami gejala gatal-gatal pada kulit tubuhmu. Langkah penanganan tersebut merupakan cara yang paling aman dan murah. Bahan alami yang dibutuhkan pun juga sangat mudah ditemukan disekitaranmu. Jadi kalian gak perlu khawatir lagi ya sekarang jika sedang mengalami kondisi seperti ini. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Sobat Souja ya!

Sumber artikel: Popbela.com 
 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.