Hai Sobat Souja, salah satu pencegahan dini diabetes adalah menerapkan gaya hidup sehat. Hal ini perlu juga diterapkan mulai dari ruang lingkup terdekat seperti keluarga.
" />

Ikuti Langkah Cara Mencegah Keluarga Terkena Penyakit Diabetes

  • Senin, 19/04/2021 - 09:25 WIB
Hai Sobat Souja, salah satu pencegahan dini diabetes adalah menerapkan gaya hidup sehat. Hal ini perlu juga diterapkan mulai dari ruang lingkup terdekat seperti keluarga. Tidak ada salahnya untuk mulai mengajarkan dan menerapkan gaya hidup sehat dalam keluarga sebagai langkah mencegah diabetes sejak dini. Mengadopsi gaya hidup dan pola makan sehat dinyatakan memang dapat mencegah prediabetes hingga diabetes tipe 2. Dampak gaya hidup sehat juga mempengaruhi kebahagian dan kualitas hidup secara positif. Oleh karena itu, Sobat perlu segera berubah dan mulai melakukan hal-hal yang bisa membuat hidup lebih sehat sehingga tentunya dijauhkan dari berbagai jenis penyakit. Berikut ini terdapat 3 langkah cara yang bisa kalian lakukan guna mencegah terjadinya penyakit diabetes yang dapat menyerang keluargamu sejak dini. Yuk, mari kita simak informasinya di bawah ini.
 
1. Aktif Melakukan Kegiatan & Latihan Fisik
 
aktif latihan fisik
Source: bukalapak.com
Terdapat berbagai manfaat kesehatan ketika Sobat dan keluarga rutin melakukan aktivitas atau latihan fisik. Misalnya seperti menjaga berat bada tetap ideal dan mengontrol serta menjaga kestabilan gula darah. Jadikan olahraga menjadi rutinitas setiap harinya. Ketika sudah menjadi kebiasaan, Sobat dan keluarga tidak akan sulit untuk menjalankannya.
 
2. Rutin Mengontrol & Memonitor Gula Darah
 
monitor darah
Source: medkomtek.com
Gula darah dapat diperiksa secara mandiri maupun dengan bantuan dokter. Memeriksa gula darah dapat memberikan informasi penting dan termasuk langkah mencegah diabetes sejak dini. Melakukan pemeriksaan gula darah dapat membantu dalam mengidentifikasi kadar gula darah apakah tinggi atau rendah serta mempelajari apakah pola makan dan olahraga berpengaruh pada kadar gulamu. Dengan mengetahui kadar gula, Sobat bisa menjadikan hasil tes sebagai acuan atau gambaran gaya hidup yang selama ini dijalani. Jika gula darah termasuk tinggi, ada baiknya mulai mengubah kebiasaan atau gaya hidup Sobat atau anggota keluarga segera.
 
3. Mulai Mengatur & Menyepakati Pola Makan Sehat Bersama
 
pola sehat diabetes
Source: ignilife.com
Untuk membantu mempermudah mengadopsi gaya hidup dan pola makan sehat, Sobat bisa memulai dari keluarga. Dengan menerapkan pola makan sehat setiap hari, meski mungkin harus makan di luar sekalipun, menu makan yang dipilih tidak akan sembarangan. Beberapa hal perlu diperhatikan ketika akan mengatur pola makan sebagai langkah mencegah diabetes. Contohnya seperti mengurangi asupan gula dan makanan cepat saji, beralih ke produk olahan gandum utuh, serta meningkatkan asupan serat.

Nah, itu dia Sobat Souja ketiga macam cara yang bisa Sobat dan keluargamu lakukan guna mencegah terjadinya penyakit diabetes sejak dini. Tak hanya untuk melindungi keluarga dari diabetes, ketiga langkah di atas juga bisa dilakukan bagi keluarga yang memiliki risiko diabetes karena riwayat keturunan atau bahkan sudah menjadi diabetesi (penderita diabetes). Maka dari itu, kalian perlu nutrisi atau gizi pada makanan yang dapat melindungi dari diabetes ataupun untuk mengontrol diabetes. Semoga informasinya bermanfaat ya Sobat Souja!

Sumber artikel: Hellosehat.com
 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.