Bekerja Terlalu Keras Saat Ramadhan Picu Office Syndrome, Apa itu?

  • Selasa, 27/04/2021 - 09:53 WIB
Sobat Souja, menjalani bulan Ramadhan dengan rutinitas ngantor di tengah pandemi merupakan tantangan tersendiri. Selain harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat, satu hal lagi yang perlu kamu lakukan adalah mengantisipasi gejala Office Syndrome, apa itu? Ya, sebuah kondisi penurunan kesehatan secara perlahan sebagai efek dari kebiasaan kamu selama di kantor yang terlalu sibuk bekerja dengan mengabaikan waktu istirahat. Yuk, simak apa saja gejalanya! 


Stres dan Nyeri Kepala
Stres biasanya disebabkan karena perasaan lelah dan bosan yang terakumulasi Sempatkan beristirahat di udara segar sebagai selingan. Kamu juga bisa menarik napas dalam - dalam saat lelah mulai melanda. Mencuci muka juga akan membuatmu lebih segar. 


Nyeri Punggung dan Leher
Duduk dengan posisi yang sama selama beberapa jam tanpa disadari akan membuatmu mengalami nyeri punggung dan nyeri leher. Jika berlangsung dalam jangka panjang, posisi monoton ini berkontribusi untuk merusak postur tubuh dan memengaruhi kesehatanmu. 


Mata Kering dan Iritasi
Terlalu lama duduk dan menggunakan komputer akan menyebabkan sindrom mata kering. Sekali - kali alihkan matamu dari layar komputer atau segarkan muka dengan mencuci muka. 


Inveksi Virus
Menghabiskan waktu di ruang tertutup tanpa sirkulasi udara yang baik bisa membuatmu terkena infeksi virus yang memunculkan beragam penyakit seperti flu dan batuk. Sempatkan untuk keluar dari ruangan sempit saat istirahat, serta pastikan asupan vitamin dan gizi seimbang, untuk menjaga daya tahan tubuh. 


Masalah Pencernaan
Pola makan yang tak terjaga akibat terlalu sibuk bekerja dapat menyebabkan nyeri pada lambung. Masalah klasik lain yaitu kurang mengonsumsi air putih, dimana dapat berakibat pada dehidrasi, sulit buang air besar serta menurunnya konsentrasi. Oleh karenanya, kamu harus tetap mencukupi kebutuhan cairan selama bekerja. Saat tengah berpuasa, penuhi target konsumsi air putih saat sahur dan berbuka. 


Sumber: Guardian Indonesia. 


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.