Sobat Souja, tahukah kalian bahwa di Indonesia memang terkenal yang mempunyai beragam kuliner yang sangat menggoyang lidah, bahkan terkenal hingga mancanegara.
" />

Ketahui Makanan Terekstrem Di Indonesia, Berani Coba?

  • Senin, 07/06/2021 - 09:05 WIB
Sobat Souja, tahukah kalian bahwa di Indonesia memang terkenal yang mempunyai beragam kuliner yang sangat menggoyang lidah, bahkan terkenal hingga mancanegara. Mulai dari sate, nasi goreng, gudeg, rendang hingga soto. Nah, dari beragam sajian tersebut, Indonesia juga mempunyai berbagai makanan ekstrem yang tersebar di Nusantara lho. Ya, makanan ektrem disini maksudnya dengan menggunakan bahan utama protein yang tak lazim dimakan oleh banyak orang. Lalu, seperti apa saja ya makanan ekstrem yang dimaksud? Tanpa berbincang lama, langsung aja yuk kita simak informasinya berikut ini.
 
1. Belalang Goreng
 
belalang goreng
Source: tstatic.net
Belalang merupakan salah satu serangga yang umum dikonsumsi di wilayah Asia Tenggara. Salah satunya, belalang goreng yang bisa kalian temukan di jalanan sekitar Gunung Kidul, Yogyakarta. Belalang goreng mempunyai tekstur crunchy dan bercita rasa asin gurih. Sobat nggak perlu takut atau geli, karena proses memasaknya dengan membuang bagian kaki dan sayapnya.
 
2. Paniki Kelelawar
 
sop kelelawar
Source: kompas.com
Di Sulawesi Utara, kelelawar disulap menjadi hidangan bernama Paniki. Cara memasaknya dengan mencampurkan santan, cabai dan beberapa rempah untuk menghilangkan bau asam vertebrata. Daging kelelawar dipercaya berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit asma.
 
3. Ulat Sagu
 
ulat sagu
Source: tstatic.net
Saat Sobat berpetualang ke Indonesia Timur seperti Maluku dan Papua, jangan lupa untuk mencicipi ulat sagu. Ya, makanan ini benar-benar dibuat dari ulat sagu yang biasa ditemukan di pohon sagu atau kelapa. Walaupun masyarakat lokal biasa mengonsumsinya secara mentah, Sobat bisa memanggang atau menumisnya terlebih dahulu. Sambal pedas bisa menjadi pendamping untuk memakan ulat sagu yang gurih ini.
 
4. Tikus Panggang
 
tikus panggang
Source: i1.wp.com
Kuliner yang ekstrem lainnya adalah tikus bakar yang berasal dari Sulawesi Utara. Mungkin Sobat mendengarnya jijik karena sering melihat tikus hidup di lingkungan yang kotor. Akan tetapi, tikus yang digunakan untuk masakan ini adalah tikus hutan. Rasanya mirip dengan ayam dengan tekstur daging yang lembut. Tapi memang diperlukan pemikiran yang siap menerima tantangan nih, jika mau mengonsumsi tikus panggang.
 
5. Sate Biawak/Ular Kobra
 
sate ular
Source: media.suara.com
Apa jadinya jika biawak/ular kobra dijadikan sebagai sate? Kedua jenis reptil ini sering diolah dengan dibakar hingga lembut kemudian diberi saos kacang yang lezat. Sebagai salah satu makanan khas bantaran sungai Cimanuk Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, sate Biawak ini diminati oleh masyarakat Pantura. Seperti halnya kelelawar, sate biawak/ular kobra juga dipercaya untuk menyembuhkan asma dan berbagai infeksi kulit, seperti ruam.

Nah, itu dia Sobat Souja beberapa jenis makanan terekstrem di Indonesia yang perlu kalian ketahui. Keberadaan makanan ekstrim di Indonesia tak terlepas dari keragaman budaya dan tradisi yang membentuk identitas Indonesia saat ini. Tak heran bila kuliner ekstrim Indonesia bisa ditemukan di hampir seluruh daerah di Republik Indonesia tercinta. Sebagian besar makanan ekstrim tersebut merupakan makanan tradisional yang biasanya hanya dinikmati oleh kelompok adat tertentu. Dan lainnya, merupakan makanan alternatif yang dikonsumsi untuk tujuan medis ataupun untuk tujuan lain seperti terapi. Apakah kalian berani mencobanya Sobat Souja?

Sumber artikel: Popbela.com 
 
 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.