Hai, Sobat Souja! Sarapan pagi ternyata punya banyak manfaat. Selain bisa memberikan ener" />

4 Alasan Sarapan Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

  • Rabu, 09/06/2021 - 09:55 WIB
Hai, Sobat Souja! Sarapan pagi ternyata punya banyak manfaat. Selain bisa memberikan energi pada tubuh untuk beraktivitas, sarapan pagi juga bisa membantu menurunkan berat badan bahkan hanya dengan sepotong roti panggang dan telur.

Oleh karena itu, sebaiknya sarapan jadi rutinitas harian di pagi hari yang tidak terlewatkan.

Namun, bagaimana cara agar sarapan dapat membantu menurunkan berat badan? Berikut penjelasannya.

Sarapan bikin perut kenyang lebih lama
 
 dd
Sumber: Kidspot 

Nutrisionis Lisa Young mengatakan, sarapan membantu perut merasa kenyang lebih lama. Karena perut merasa kenyang, maka Anda tak perlu makan kudapan lain sebelum jam makan siang.

"Sarapan dapat membantu menurunkan berat badan karena menciptakan rasa kenyang. Anda tak perlu makan terlalu banyak ketika sudah sarapan," kata Lisa, seperti dilansir Eat This, Not That!.

Kunci untuk rasa kenyang lebih lama setelah sarapan adalah dengan kombinasi bahan makanan padat gizi. Beberapa komposisi yang Anda perlukan seperti protein, lemak sehat, dan karbohidrat kompleks yang kaya serat.

Kombinasi dari bahan-bahan ini akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Terhindar dari lapar tengah malam
 
d 
Sumber: Trip Advisor 

Sarapan di pagi hari ternyata bisa membuat Anda terhindar dari lapar tengah malam.

Nutrisionis Amy Goodson mengatakan, orang yang menghindari sarapan cenderung akan merasakan lapar tengah malam. Akibatnya, mereka makan tengah malam dan menyebabkan kalori menumpuk di tubuh.

"Sarapan dengan karbohidrat, protein, dan serat dapat membantu menormalkan gula darah, sehingga Anda tak perlu ngidam tengah malam," katanya.

Tubuh mendapat serat dari sarapan
 
d 
Sumber: The Honeycombers 
 
Menurut American Heart Association, manusia idealnya mengkonsumsi 25-30 gram serat setiap hari. Namun tak semua orang bisa mendapatkan serat yang cukup, apalagi jika melewatkan sarapan.

Makanan yang disajikan untuk sarapan seperti oatmeal, roti gandum, buah-buahan, bahkan sereal, biasanya mengandung serat yang dibutuhkan tubuh. Sarapan dengan dua helai roti gandum dan telur bisa membantu memenuhi kebutuhan serat harian Anda.

Pemenuhan serat yang tercukupi juga bisa membantu rasa kenyang lebih lama yang berkontribusi pada diet Anda.

"Serat adalah kunci dalam membantu tetap kenyang untuk mencegah makan berlebihan saat menurunkan berat badan," kata Ahli Nutrisi di Universitas Hawai, Jinan Banna.

Mendapat protein
 
d 
Sumber: The Daily Meal 

Selain mendapat serat, Anda juga mendapatkan protein dalam sarapan. Asupan protein yang disarankan adalah 20-30 gram untuk sarapan Anda, dibarengi dengan karbohidrat kaya serat.

Sarapan dengan telur atau yogurt direkomendasikan dalam menu makan pagi Anda. Kedua makanan ini dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama, dan mengurangi asupan makanan berlebihan.

Setelah tahu manfaat sarapan, sebaiknya tidak melewatkannya di pagi hari. Menurut Healthline, beberapa menu sarapan seperti telur, gandum, buah beri, pisang, kacang, dan oatmeal merupakan menu terbaik di pagi hari yang bisa menurunkan berat badan.

Menu sederhana seperti roti gandum panggang dengan telur, oatmeal dengan buah, atau perpaduan yogurt dan buah bisa jadi pilihan menu makan pagi Anda.

Jika terlalu sibuk, Anda bisa memakan apel yang sudah dioleskan selai kacang untuk menu sarapan. Perpaduan ini juga tak kalah bernutrisi dan nikmat di lidah.

Jadi, jangan lupa untuk sarapan, ya!

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.