Mana yang Lebih Tinggi Kafein, Kopi Panas atau Dingin?

  • Kamis, 03/06/2021 - 12:06 WIB
Hai, Sobat Souja! Ragam sajian kopi membuat penikmat kopi punya banyak pilihan untuk menikmati minuman ini. Mau kopi versi tubruk, filter, fancy coffee dengan aneka bahan tambahan pun ada.

Pun kini ada kopi susu yang pas dinikmati kala cuaca panas. Namun satu hal yang musti diperhatikan adalah soal kandungan kafeinnya.

"Minuman kopi kadang memiliki kandungan kafein cukup tinggi di dalamnya. Kekuatan kandungan kafein pada kopi apa pun akan tergantung pada cara Anda menyeduhnya, dan seberapa banyak yang Anda dapatkan di dalam cangkir," jelas Christine Beck dari penyedia layanan kesehatan One Medical, seperti dikutip Bustle.

Alasan Kafein dalam Kopi Picu Stres

Jika bicara cara penyeduhan, umumnya orang menyeduh kopi dengan air panas atau air dingin (cold brew). Menurut studi yang dipresentasikan pada Maret 2020 lalu ini, ternyata kopi yang diseduh dengan air panas memiliki kandungan kafein lebih tinggi.

Studi menggunakan biji kopi Kolombia yang disangrai dengan lima suhu berbeda. Kemudian peneliti melihat konsentrasi kafein, total kandungan caffeoylquinic acid (CQA), aktivitas antioksidan total, pH, total asam dan total padatan terlarut.

Hasilnya, metode seduh panas (hot brew) menghasilkan kadar kafein lebih tinggi daripada seduh dingin (cold brew).

"Kafein itu larut air, dan makin panas air yang digunakan untuk menyeduh, lebih banyak kafein terekstraksi artinya, Anda lebih banyak mendapatkan kafein dari biji kopi," ujar Beck.

Metode cold brew menggunakan air dingin untuk proses penyeduhan. Kopi direndam berjam-jam, suhu dingin stabil sehingga rasa asam tidak begitu kuat pun lebih lembut di lidah.

Berbeda dengan hot brew, kopi diseduh dengan suhu ekstrem sehingga rasa kopi lebih asam, kandungan kafein lebih tinggi. Namun studi menunjukkan seduh panas membuat kopi memiliki kadar antioksidan lebih tinggi.

Beck mengingatkan meski kopi yang saat ini Anda nikmati adalah es kopi, tapi jika sebelumnya diseduh dengan air panas maka kandungan kafeinnya tetap tinggi. Namun komponen air dan es pada es kopi membuat minuman ini lebih menghidrasi daripada kopi seduh panas.

"Jika Anda menambahkan susu pada es kopi, ini meningkatkan faktor hidrasi lebih banyak karena susu dan alternatif susu keduanya kebanyakan merupakan air," imbuhnya.

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.