Yuk, Cegah Pertumbuhan Uban dengan Konsumsi 5 Jenis Makanan ini!

  • Jumat, 04/06/2021 - 09:47 WIB
Sobat Souja, rambut hitam berkilau serta menawan pasti menjadi dambaan setiap orang. Gaya hidup tertentu dapat mempercepat pertumbuhan uban di rambut. Konsumsi beberapa makanan untuk mencegah pertumbuhan uban terlalu dini. Perubahan warna rambut dari hitam ke putih jadi bagian proses penuaan. Pada beberapa orang, uban muncul lebih cepat di usia yang masih terbilang muda. Gaya hidup menjadi faktor yang berkontribusi. Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya masuk dalam diet harian demi rambut hitam indah lebih lama. Berikut mengutip CNN Indonesia, simak yuk!


Makanan Fermentasi
Selain menjaga kesehatan saluran pencernaan, probiotik juga bermanfaat untuk kesehatan rambut. Ahli diet Kelly Jones mengatakan, usus sehat penting untuk mendukung rambut sehat. Bakteri usus memproduksi vitamin B dan biotin yang berguna buat rambut. Kekurangan biotin bisa mengakibatkan perubahan warna dan kekuatan rambut. Kamu bisa mengonsumsi beberapa makanan fermentasi seperti yogurt, kimchi, acar, dan miso.


Hati Sapi
Konsumsi hati sapi akan memberikan asupan vitamin B-12 berlimpah. Sekitar 100 gram hati sapi mengandung 95,48 mikrogram vitamin B-12. Kekurangan vitamin B-12 berhubungan dengan anemia dan berasosiasi dengan kemunculan uban. Asupan vitamin B-12 untuk orang dewasa sehari sekitar 2,4 mikrogram. Namun, semakin bertambahnya usia, tubuh semakin sulit menyerap vitamin B-12 sehingga perlu asupan makanan pengganti. Mengutip Eat This Not That, selain mengandung vitamin B-12, hati sapi juga memiliki kandungan tembaga yang bisa membantu mencegah kemunculan uban terlalu dini.


Telur
Biasanya bagian kuning dihindari saat mengonsumsi telur karena dianggap bisa meningkatkan kolesterol. Padahal, telur secara utuh perlu dikonsumsi untuk menjaga rambut tetap sehat. Telur secara keseluruhan mengandung vitamin B-12, jenis vitamin yang tidak dimiliki tumbuhan. Studi pada 2016 menunjukkan mereka yang mengalami penuaan prematur sangat mungkin mengalami status rendah kadar vitamin B-12.


Dark chocolate
Cokelat hitam alias dark chocolate merupakan sumber zat besi dan tembaga yang baik. Keduanya jadi nutrisi untuk mencegah uban dan penuaan. Kekurangan ferritin [penyimpanan zat besi dalam darah] telah dikaitkan dengan uban prematur dalam satu penelitian, dan sementara kekurangan tembaga jarang terjadi, nutrisi tersebut sebagian bertanggung jawab untuk produksi melanin. Seiring bertambah usia, kadar melanin makin rendah. Jaga kadar tembaga Anda untuk memerangi proses penuaan dini dengan mengonsumsi cokelat hitam.


Rumput Laut
Selain miso, rahasia kecantikan orang Jepang juga terletak pada rumput laut. Rumput laut merupakan sumber nabati kolagen yang membantu meningkatkan kesehatan rambut. Rumput laut serta tumbuhan laut lain mengandung zinc, vitamin A dan C, juga beta karoten yang penting bagi kesehatan rambut.


Sumber: CNN Indonesia


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.