Bosan Konsumsi Mayones? Simak 5 Alternatif yang Lebih Bernutrisi!

  • Sabtu, 05/06/2021 - 08:23 WIB
Sobat Souja, mayones merupakan salah satu pelengkap atau bahan makanan yang disukai banyak orang. Mayones kerap jadi pilihan saus, apalagi bagi orang yang tak terlalu suka pedas. Namun, terlalu banyak asupan mayones bisa memicu masalah kesehatan seperti diantaranya menyebabkan mual, sakit kepala hingga lemas. Mayones banyak mengandung pengawet makanan serta MSG. Lantas, adakah alternatifnya? Mengutip CNN Indonesia, meski rasanya beda jauh, tetapi kandungan nutrisi dan kalori di dalam beberapa bahan alternatif ini terbilang aman dan minim risiko.


Pasta kacang mete
Pasta kacang mete memiliki tekstur nyaris seperti mayones, sehingga pas dijadikan dressing, saus atau olesan untuk makanan yang dipanggang. Karena rasanya cenderung hambar, Sobat bisa bermain dengan bahan lain seperti cuka, perasan lemon, bawang putih, dan sedikit garam. Pasta ini juga bisa kamu buat sendiri di rumah dengan menggunakan rasio kacang mete dan air sebesar 2:1. Misalnya, 200 gram kacang mete dicampur dengan 100 mililiter air.


Alpukat
Tidak seperti mayonaise yang tinggi kalori, alpukat akan memberikan Sobat kandungan lemak tak jenuh yang sehat, lebih banyak serat, dan vitamin, serta mineral penting. Alpukat bisa dihaluskan terlebih dahulu seperti guacamole dengan campuran minyak zaitun. Atau, Anda juga bisa mengirisnya langsung dan letakkan di atas roti panggang.


Hummus
Hummus populer dikonsumsi bersama roti atau sayuran segar. Tekstur dan rasanya pun tak kalah dengan mayones. Untuk membuatnya, Sobat hanya memerlukan kacang Arab, minyak zaitun, tahini, bawang putih, dan perasan lemon. Mengutip Huffington Post, ahli diet Dawn Jackson Blatner menyebut, hummus hanya mengandung seperempat kalori mayones. Dalam 1 sdm hummus terkandung 25 kalori, 1 gram serat, dan 1 gram protein.


Tahu sutera
Tahu sutera yang dihaluskan bisa digunakan sebagai pengganti mayones. Baik sebagai dressing, saus, tahu akan memberikan perpaduan tekstur lembut dan halus seperti mayones asli. Akan tetapi, tahu cenderung hambar sehingga jika ingin membuatnya mendekati rasa asli mayones, Anda perlu memberikan sedikit sentuhan. Berikan sedikit perasan lemon atau cuka sari apel serta sedikit garam dan gula untuk memberikan rasa.


Pesto
Pesto sangat fleksibel untuk aneka olahan. Terbuat dari daun kemangi dan minyak zaitun, pesto kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Dalam 1 sdm pesto menyediakan 45 kalori bersama dengan vitamin A, C, kalsium, dan zat besi. Pesto cocok dihidangkan bersama sandwich, salad, dan pasta.


Sumber: CNN Indonesia


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.