Biji Kopi Ciwidey, si Mutiara Hitam dari Bandung Barat yang Siap Mendunia

  • Sabtu, 05/06/2021 - 09:41 WIB
Hai, Sobat Souja! Kualitas biji kopi asli Indonesia memang tak perlu diragukan lagi. Bahkan sudah terkenal hingga ke mancanegara. Tak hanya itu, karakteristik hingga aroma khas nan unik dari setiap daerah di Indonesia menjadi nilai plus tersendiri.

Sebut saja, kopi luwak dan kopi gayo yang kualitasnya sudah diakui dunia. Tak hanya itu, ada pun satu kopi dari wilayah Jawa Barat yang juga siap mendunia. Resep-A Coffee Story, sebuah hyperlocal platform berbasis web, yang juga berfokus pada pengembangan hasil tanam petani kopi di Indonesia, berencana memasarkan produk kopi Ciwidey dari hasil tanam di Gunung Tambakruyung, Ciwidey, Jawa Barat.

Wilayah pegunungan yang terletak persis di Kabupaten Bandung Barat, memang menjadi ‘rumah’ bagi 230 anggota Kelompok Tani Kopi Bukit Cimanong (KTKBC). Terletak di ketinggian 1.994 mdpl, membuat wilayah itu didominasi oleh suhu dingin dan sejuk.


Gunung Tambakruyung dekat dengan pusat kecamatan Ciwidey. Daerah Ciwidey ini juga dianggap sebagai salah satu dataran tinggi terkenal di area Jawa Barat. Para petani di sana mempunyai hasil panen berbagai sayur dan buah-buahan yang segar; tak terkecuali hasil kopinya.

Biji kopi Ciwidey dinilai mempunyai kualitas terbaik. Tanaman kopi ditanam dan tumbuh di suhu nan sejuk, membuat cita rasa yang diciptakannya pun tak kalah lezat. Mereka mempunyai rasa rempah yang sangat kaya dan aroma khas. Ada sensasi harum kacang, wangi bunga, buah, dan cecapan palm sugar serta sedikit herbal.

Bila disesap, akan terasa kenikmatan sensasi karamel mentega berpadu dengan manis cokelat. Karakter kopi Ciwidey ini memiliki body kuat serta menyegarkan, namun tetap lembut. Melalui cita rasa juga ciri khas tersebut, diprediksi kopi satu ini akan menarik minat produsen kopi kapsul dunia, yakni Nespresso.

Perusahaan penyedia alat kopi ini berencana membeli green bean atau biji kopi khusus dari KTKBC. Hal ini kemudian diamini oleh Resep-A Coffee Story selaku penghubung antar petani kopi dan para produsen kopi lokal maupun internasional. 

“Alhamdulillah, doa ini akhirnya terwujud,” ungkap Cepi Husada, salah seorang founder Resep-A Coffee Story, dikutip dari rilis yang kumparan terima, Rabu (2/6).

Mulai musim panen tahun ini, Nespresso dan KTKBC sudah meneken kontrak pembelian biji kopi melalui Olam Indonesia. Hasil panen biji kopi Ciwidey nantinya akan diolah oleh Olam Indonesia menjadi green bean. Kemudian, setelah jadi, olahan tersebut diberikan pada Nespresso, untuk dipasarkan dalam bentuk kopi kapsul.

Ini merupakan langkah awal yang guna memasarkan produk Indonesia asli pada dunia. Jenis kolaborasi ini juga membantu tani kopi menemukan wadah untuk mengembangkan biji kopi mereka. 

Apalagi, mengingat akan banyak tantangan datang bagi petani kopi di Indonesia di masa depan. Sehingga, model pemasaran hyperlocal platform dinilai menjadi langkah baru agar kopi-kopi Indonesia bisa lebih dikenal dan dapat masuk ke pasar lokal sampai internasional.

Sudahkah kamu mencoba biji kopi ciwidey, Sobat Souja?

Sumber: Kumparan.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.