Cara Membuat Kue Maksuba Khas Palembang yang Enak

  • Sabtu, 05/06/2021 - 09:43 WIB
Hai, Sobat Souja! Maksuba merupakan kue tradisional basah yang memiliki rasa yang manis dan lembut. Maksuba khas Palembang yang enak, umumnya memiliki tekstur yang legit dan tampak seperti kue lapis berwarna kekuningan. Kue ini biasanya selalu ada saat Idul Fitri atau saat acara pernikahan.

Nah berikut ini, Urban Id rangkum cara membuat kuliner kue maksuba pada umumnya dan dapat disesuaikan dengan selera masing-masing.

Siapkan bahan

Sebelum  memulai untuk membuat kue maksuba, siapkan terlebih dahulu bahan dasar seperti 25 butir telur bebek, 400 hingga 500 gram gula pasir sesuai selera, 1 kaleng susu kental manis, 1 sendok teh vanili atau bisa dengan vanili bubuk, margarin secukupnya dan 400 gram butter atau produk olahan susu yang banyak digunakan dalam pengolahan makanan.

Mulai mengolah bahan

Untuk membuat maksuba, kocok telur dan gula sampai larut dan upayakan sampai menggelembung. Mengocok telur dan gula ini bisa menggunakan mixer atau peralatan lainnya yang tersedia.

Setelah selesai campurkan susu kental manis sesuai dengan selera lalu aduk hingga bercampur dengan rata. Jika sudah siap, campurkan juga butter atau bahan pengganti lainnya yang sudah dipanaskan beserta vanili lalu diaduk rata.

Cara membuat

Untuk mulai memasak, panaskan oven dengan suhu sekitar 180 derajat dengan api atas dan bawah. Sambil menunggu oven panas siapkan loyang yang sudah diberi ketas roti dan margarin yang dilelehkan.

Jika sudah siap, masukan adonan kedalam loyang secara bertahap, bisa menggunakan gelas takar agar lapisan kue rata, atau juga bisa menggunakan peralatan ukur lainnya. Untuk mendapatkan hasil yang baik sebaiknya tidak terlalu tebal dan juga tidak terlalu tipis.

Masukan loyang dan adonan kedalam oven, tunggu hingga permukaan terlihat matang atau kecoklatan. Jika sudah ulangi lagi langkah yang sama hingga adonan habis atau loyang terisi penuh atau dirasa sudah pas.

Jika semua sudah dilakukan, maka tahap terakhir didinginkan terlebih dahulu, lalu kue dipotong sesuai selera. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, bisa mencobanya berulang-ulang hingga mendapat hasil yang maksimal.

Beberapa faktor yang membuat maksuba kurang maksimal atau gagal adalah proses memanggang yang terlalu cepat atau terlalu lama. Jika terlalu lama dapat membuat gosong dan sebaliknya jika terlalu cepat diangkat dapat membuat rasa maksuba kurang maksimal.

Selamat mencoba, Sobat Souja!

Sumber: Kumparan.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.