Resep Rendang Daging Sapi Khas Padang

  • Rabu, 09/06/2021 - 09:55 WIB
Hai, Sobat Souja! Rendang merupakan salah satu masakan khas Padang atau Minang, yang sudah diakui kenikmatannya bukan hanya di Indonesia, juga mendunia. Apalagi rendang pernah masuk dalam jajaran masakan terenak di dunia. 

Selain memiliki cita rasa yang khas, rendang dimasak tanpa pengawet. Ini yang menjadi salah satu kelebihan dari rendang dan banyak orang menjadikan sebagai bekal saat perjalanan atau pulang kampung.

Bahan utama rendang adalah daging sapi. Tapi juga bisa disesuaikan dengan selera dan bisa diganti dengan daging yang lainnya. Jika ingin mencoba memasak rendang daging sapi khas Padang berikut adalah bahan-bahan yang digunakan dan langkah-langkah memasaknya.

Berikut resep rendang daging sapi khas padang yang sudah diakui kenikmatannya oleh dunia.#userstory
Bahan-bahan
1/2 kg daging sapi
1 liter santan
Bahan Bumbu Halus :
7 siung bawang merah
4 siung bawang putih
2 batang sereh
1 ruas lengkuas
1 ruas jahe
Cabe kriting merah (sesuai selera)
1 ruas kunyit, bakar
1 sendok teh jinten yang disangrai
2 butir kemiri yang disangrai

Bahan Cemplung :
3 biji cengkeh
3 biji kapulaga
3 bunga lawang
1/2 pala
1 batang kayu manis
4 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
Garam secukupnya
Gula secukupnya
1 bungkus kaldu sapi
Minyak secukupnya untuk menumis

Langkah-langkah
1. Siapkan semua bahan. Cuci bersih daging merah. Blender/ ulek bumbu halus, seperti bawang merah, bawang putih, jahe, sereh, lengkuas, jinten, kemiri, kunyit dan cabe.
2. Panaskan minyak goreng untuk menumis bumbu halus. Lalu masukkan daun salam dan daun jeruk hingga tercium harum dan layu. Masukkan daging sapi ke dalam tumisan. Aduk2 dan tunggu sampai daging berubah warna.
3. Masukkan santan cair. Sedikit demi sedikit hingga daging tertutupi. Tambahkan bumbu cemplung yaitu cengkeh, kapulaga, bunga lawang, dst. Lalu aduk2 sampai air menyusut.
4. Jika air sudah setengah tambahkan garam, gula dan kaldu sapi. Aduk2 sampai larut. Rendang sapi khas padang. Siap dihidangkan bersama keluarga.

Jadi itu adalah resep rendang daging sapi khas padang yang bisa kalian praktikkan dirumah, selamat mencoba.

Sumber: Kumparan.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.