Tips Agar Sahabat Tidak Cemburu pada Hubunganmu dengan Pasangan

  • Selasa, 10/05/2022 - 13:30 WIB
Sobat Souja, orang yang sedang jatuh cinta cenderung menyebarkan kebahagiaan pada lingkungan sekelilingnya. Sangat alamiah jika orang yang sedang mabuk cinta ingin menceritakan banyak hal tentang pasangannya pada siapapun, termasuk sahabat karib. Sobat mungkin bakal bercerita tentang pekerjaannya, kegemarannya, bahkan sampai jenis makanan favoritnya. Bagi yang jatuh cinta tentunya hal ini menyenangkan. Namun bagaimana dengan teman ngobrolmu? Apakah sahabatmu ikut senang mendengarkan semua kisah asmara yang sobat alami barusan?

Ahli hubungan asal New York, Susan Winter mengatakan, tak semua teman serta sahabat menyukai kisah asmaramu dan pasangan. Beberapa mungkin justru cemburu dengan hidup yang bahagia. Perilaku cemburu ini bisa mengacaukan hubungan pertemanan Anda. Kecemburuan seorang teman juga bisa berbentuk banyak hal, seperti membatalkan rencana bertemu tiba-tiba, menjadi pasif, atau justru emosional.

Agar hubungan pertemanan tetap berjalan mulus, begitu juga dengan kisah asmaramu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan seperti berikut.

1. Beritahu teman secepatnya
friends
source: pexels
 
Jika baru saja menjalin hubungan dengan orang baru, maka penting untuk memikirkan bagaimana memberitahukan teman dan sahabat karib secepatnya. Sobat juga mungkin harus mengkategorikan, siapa kira-kira yang akan ikut berbahagia denganmu, dan siapa yang justru menentang hubungan. Hal itu dilakukan agar sobat mempersiapkan kalimat yang tepat mengenai hubunganmu.

"Kalau curiga ada teman yang mungkin cemburu, bicarakan dengan mereka tentang perasaanmu dan bagaimana hubungan Anda, beritahu mereka bahwa kamu bersemangat untuk mengenal orang ini dan menghabiskan lebih banyak waktu bersama mereka, pada saat yang sama, yakinkan bahwa persahabatan mereka sangat berarti bagimu," kata Susan.

2. Jangan menuduh seseorang cemburu
fren
source: pexels
 
Teman mungkin berkomentar pedas tentang pasangan, atau membuat komentar yang tak tidak sopan. Biasanya ini terjadi ketika mereka belum pernah bertemu. Jika demikian, tanyakan apa yang terjadi pada temanmu.

Tapi jangan menuduh mereka cemburu karena justru akan menyebabkan lebih banyak konflik. Barangkali, ia sedang dalam keadaan lelah atau tertekan sehingga tidak memberikan jawaban yang baik tentang pasangan. Dari pada menyebut teman cemburu, Susan menyarankan untuk bicara mengenai mereka. Minta mereka untuk menceritakan apa yang mereka maksud, terutama soal komentar pedas pada pasangan.

3. Bersikap selektif
friend
source: pexels
 
Temanmu mungkin bermasalah dengan pasangan, mereka sebelumnya pernah kenal dan hubungannya buruk, atau mereka berdua saling bersaing di masa lalu. Coba bersikap selektif pada teman-teman. Pikirkan dulu siapa yang akan sobat beritahu soal hubungan baru. "Teman cenderung terlalu protektif, ini bisa jadi tanda cemburu. Jika mereka cemburu, mereka mungkin melebih-lebihkan masalah di masa lalu dan akan membawa konflik yang lebih besar," kata Susan.

4. Mengevaluasi persahabatan
pexel
source: pexels
 
Mungkin tak semua teman dan sahabat menjadi support system, terutama dalam hal asmara. Ada baiknya mencoba mengevaluasi kembali bagaimana hubungan persahabatanmu, apa selama ini berjalan baik dan berdampak baik pada kehidupanmu atau justru Anda merasa tertekan dan kurang bahagia?

Evaluasi kembali persahabatanmu jika seorang teman mencoba menyabotase hubungan dengan pasangan. Contoh ekstrim dari kecemburuan adalah ketika teman mencoba ikut campur dan mengganggu hubungan dengan pasangan. "Jika mereka ikut campur dan mencoba menghancurkanmu, mereka berbahaya dan bukan teman sejati. Anda perlu menilai kembali pertemanan ini," tutur Susan.

Yuk, lakukan hal-hal ini sebelum buang masker medismu, ya, Sobat!

Source: cnnindonesia.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.