Tips Menjadikan Madu Sebagai Pemanis Alami Makanan

  • Kamis, 19/11/2020 - 09:19 WIB
Sobat Souja, menambahkan rasa manis pada makanan tidak harus menggunakan gula. Sobat bisa menggunakan madu sebagai alternatif pemanis tambahan. Madu mampu memberikan manis dengan citarasa yang agak berbeda dengan gula pasir atau gula Jawa. Penggunaan madu pun tidak sebatas pada olahan serba manis seperti kue atau roti tetapi juga olahan asin-gurih seperti steak. Sebagian orang masih ragu untuk mencampurkan madu dalam masakan sehingga perlu adaptasi. Agar makin lihai menggunakan madu untuk memasak, ada beberapa tips yang bisa Sobat Souja coba.

1. Aturan takaran
madu
source: unsplash
 
Melansir dari Learn to Cook, madu memiliki rasa super manis dan beberapa varian rasa manisnya bisa dua kali lipat gula. Sobat tidak bisa begitu saja mengganti gula dengan madu dalam takaran yang sama. Jadi sebaiknya gunakan perbandingan 2:1. Jika biasanya Sobat menggunakan dua bagian gula maka, saat menggunakan madu pakai 1 bagian saja. Dengan begini kue atau cake tidak akan terlalu manis.

2. Tidak terlalu banyak menggunakan bahan cair
madu
source:unsplash
 
Madu memiliki sifat higroskopik artinya, madu mampu menarik atau menyerap molekul air dari lingkungan sekitar. Saat memasak, madu bisa menarik air dan kelembapan pada masakan. Saat sobat mengolah sesuatu, pastikan kurangi volume cairan yang digunakan.

3. Kurangi temperatur
madu
source: unsplash
 
Madu cocok digunakan untuk melumuri pretzel, roti panggang, atau kue-kue kering. Saat proses pemanggangan, karakter madu cukup berbeda dengan gula biasa karena bisa meleleh dengan cepat. Sebaiknya kurangi temperatur oven sekitar 3 derajat Celcius dari suhu yang biasa digunakan. Ini akan mengurangi risiko gosong.

4. Gunakan untuk daging panggang
madu
source: unsplash
 
Biasanya daging panggang biasa atau steak dikonsumsi langsung begitu saja. Kalau pun menggunakan saus, mungkin hanya sebatas pada saus sambal atau mustard. Sesekali Sobat bisa menjajal madu sebagai sausnya. Rasa manis madu akan bertemu dengan gurih dan juicy dari daging sehingga memberikan sensasi baru bersantap. Melansir dari Taste of Home, coba tambahkan perasan jeruk nipis untuk menambah kesegaran.

5. Dressing salad
mafu
source: unsplash
 
Konsumsi salad sayur atau buah memang menyehatkan. Namun label 'sehat' musti dicopot karena dressing yang kurang tepat. Dressing salad tertentu justru bisa menambah kalori dan bikin Sobat gagal diet. Kenapa tidak membuat dressing salad sendiri? Cukup campurkan madu, minyak zaitun dan cuka apel. Salad sayur yang hambar pun jadi segar dengan rasa asam manis.

Sobat ini dia tips memanfaatkan madu untuk alternatif pemanis masakan. Selain itu, madu juga lebih sehat daripada pemanis buatan.

Source: cnnindonesia.com



About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.