Waspada! 4 Kondisi ini Terjadi karena Duduk Terlalu Lama Saat WFH!

  • Kamis, 19/11/2020 - 09:20 WIB
Sobat Souja, berapa lama kamu duduk setiap harinya? Sadarkah jika selama pandemi berlangsung dan sebagian kantor mengambil kebijakan untuk Work from Home (WFH)aktivitas fisik semakin berkurang sehingga memicu duduk terlalu lama? Padahal kondisi demikian dapat memicu berbagai penyakit, lho! Nah, mulai sekarang, yuk waspada dengan bahaya-bahaya kebanyakan dan kelamaan duduk sebagai berikut. Apa saja? Simak yuk! 


Penyakit Jantung
Tidak hanya kolesterol, kelamaan duduk duduk pun bisa turut membahayakan kondisi jantung. Mengutip dari Healthline, sebuah studi menemukan pria yang menghabiskan lebih dari 23 jam duduk per minggu menonton televisi memiliki 64 persen risiko meninggal lebih besar akibat penyakit kardiovaskular dibanding pria yang duduk selama 11 jam per minggu. Bahkan orang yang duduk terlalu lama bisa memiliki 147 persen risiko lebih tinggi mengalami serangan jantung dan stroke. Melihat risiko ini, sebaiknya kamu mulai beranjak dan bergerak daripada jantung yang akhirnya tidak mau bergerak lagi.


Berat Badan Naik 
Asupan kalori berlebihan dipadu minim gerak badan sama dengan kenaikan berat badan. Melansir dari Healthline, bergerak membuat otot melepaskan molekul termasuk lipoprotein lipase. Molekul ini membantu memproses lemak dan gula yang dikonsumsi. Saat kamu menghabiskan sebagian besar waktu untuk duduk, pelepasan molekul berkurang.


Atrofi Otot Kaki dan Bokong
Duduk membuat otot-otot tubuh bagian bawah jarang digunakan. Makin lama kamu duduk, otot bisa melemah atau disebut dengan atrofi otot. Atrofi otot akan umum terjadi di daerah kaki dan bokong. Mengutip dari Alodokter, atrofi otot akan membuat membuat tubuh mengalami perubahan. Misalnya bentuk tidak simetris, timbul cekungan, dan ukuran mengecil. Tanpa otot kaki dan bokong yang kuat, tubuh sulit stabil dan rentan cedera.


Nyeri Punggung, Leher dan Pundak
Hanya dalam hitungan jam, bahaya kelamaan duduk mulai muncul. Misalnya timbul rasa nyeri pada punggung, leher kaku dan sakit pada pundak. Duduk membuat fleksor pinggul memendek apalagi ditambah postur duduk buruk dan penggunaan kursi yang tidak ergonomis. Jika ini terulang, dalam jangka panjang kamu bisa mengalami nyeri kronis karena tekanan pada cakram tulang belakang. Oleh karena itu sangat disarankan untuk melakukan peregangan otot di sela aktivitas kerja. Ini akan membantu melemaskan otot sehingga menghindari nyeri, sakit dan cedera.


Kecemasan hingga Depresi
Setelah kerja seharian di depan laptop, kamu mencari hiburan dengan menonton film atau serial. Terlalu banyak duduk berisiko mengganggu kesehatan mental. Orang bisa cemas juga depresi karena tidak beranjak dari tempat duduknya. Kondisi ini bisa dicegah dengan menyempatkan diri berjalan-jalan di sekitar rumah atau bermain dengan hewan peliharaan agar tidak terpapar situasi yang monoton terus-terusan.


Sumber: CNN Indonesia




About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.