Sobat Souja, siapa sih yang tidak kenal dengan jenis sayuran hijau ini? Ya, bayam sering dikonsumsi oleh semua orang termasuk anak-anak pun cukup menyukainya. " />

Manfaat Mengonsumsi Sayur Bayam Tiap Hari, Apakah Boleh?

  • Sabtu, 21/11/2020 - 08:34 WIB
Sobat Souja, siapa sih yang tidak kenal dengan jenis sayuran hijau ini? Ya, bayam sering dikonsumsi oleh semua orang termasuk anak-anak pun cukup menyukainya. Dikenal sebagai sumber protein tinggi, bayam kerap dipilih sebagai lauk favorit masyarakat Indonesia yang biasanya sering dibuat menjadi olahan makanan sayur bening. Tidak hanya itu saja, sayuran hijau satu ini juga memiliki manfaat lain yang tak kalah hebatnya. Apa saja ya kira-kira? Yuk kita simak info lengkapnya di bawah ini.
 
spinach
Source: kompas.com
 
1. Minim Akan Kalori
Sayuran hijau seperti bayam mengandung kalori yang rendah. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, satu cup atau setara dengan 250 gram bayam mentah hanya memiliki sekitar tujuh kalori saja, sehingga sangat bagus bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

2. Dapat Meningkatkan Kesehatan Otak
Bayam dikenal sebagai salah satu sayuran yang penting bagi kesehatan otak. Kandungan mineral seperti asam folat, vitamin A, vitamin B6, vitamin C dan antioksidan yang dimilikinya dapat membantu mencegah gangguan fungsi neuronal dan kognitif otak.

3. Kaya Akan Vitamin Dan Mineral
Mengonsumsi bayam setiap hari dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi harian tubuh. Bayam dikemas dengan asam folat, vitamin C, vitamin A, kalsium, zat besi yang dapat membantu melindungi tubuh dari beragam penyakit serius seperti diabetes, batu ginjal, kanker, serangan jantung dan stroke.

4. Meningkatkan Kesehatan Mata
Bayam sangat tinggi akan kandungan beta karoten, xanten dan lutein. Ketiga zat tersebut bermanfaat untuk menjaga mata agar senantiasa sehat. Selain itu, mengkonsumi bayam secara rutin juga dapat mencegah peradangan dan iritasi mata.

5. Melawan Osteoporosis
Bayam sangat kaya akan sumber vitamin K, yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Bukan itu saja, vitamin K dalam bayam juga diklaim dapat mencegah dan mengobati osteoporosis.
 
daun bayam
Source: trubus.id
Nah, itu dia Sobat Souja manfaat yang bisa kalian dapatkan jika mengonsumsi bayam setiap hari. Meskipun demikian, ada beberapa pakar kesehatan yang mengatakan bahwa makan sayur bayam tiap hari juga tidak diperuntukkan bagi kesehatan tubuh. Jadi, Sobat harus tahu takaran dalam mengonsumsinya. Semoga info ini bermanfaat bagi Sobat Souja ya!

Sumber artikel : Kumparan.com
 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.