5 Langkah Jaga Berat Badan Selama Liburan

  • Sabtu, 02/01/2021 - 10:07 WIB
Hai, Sobat Souja! Menghabiskan waktu di rumah bersama keluarga di musim liburan akhir tahun ini adalah pilihan bijaksana untuk mencegah penularan Covid-19. 

Berada di rumah akan membatasi aktivitas, sehingga kita menjadi kurang gerak dan lebih sering ngemil atau menyantap makanan.Kombinasi keduanya akan menyebabkan berat badan kita naik. 

Ahli diet asal Australia, Leanne Ward, mengungkapkan lima aturan sederhana yang bisa diterapkan selama liburan untuk menjaga kesehatan dan berat badan ideal. 

Dengan mengikuti lima langkah berikut, kondisi tubuh kita akan tetap bugar. 

"Jika Anda ingin sehat selama liburan, berikut adalah saran saya dan lima aturan emas saya," kata Leanne di video TikTok. 

1. Awali pagi dengan berjalan kaki atau olahraga 
 
d 
Sumber: bola.com 

Hal pertama yang akan membuat kita tetap terkendali selama liburan Natal yaitu berjalan kaki atau olahraga singkat di pagi hari. 

Setelah berolahraga, kita tidak memiliki rasa bersalah saat memakan kue kering atau kudapan yang manis. 
Bersosialisasi dengan orang lain akan memakan waktu selama kita liburan. Karena itu Leanne menganjurkan latihan HIIT 20 menit, berjalan kaki singkat atau berlari. 

2. Selalu tambahkan salad atau sayuran 
 
d 
Sumber: Wikipedia 
 
Setiap kali kita makan, tambahkan salad atau sayuran setengah porsi ke dalam makanan kita, menurut Leanne. 
Jika kita terbiasa menambahkan salad dan sayuran, maka kita cenderung kenyang dengan konsumsi makanan yang menyehatkan, dan porsi makanan tidak sehat pun berkurang. 

Satu porsi makan yang ideal, kata Leanne, terdiri dari setengah porsi salad atau sayuran, seperempat porsi protein tanpa lemak, seperempat porsi karbohidrat kompleks, dan satu sendok teh lemak sehat, seperti minyak zaitun extra virgin atau alpukat. 

3. Makan perlahan-lahan dan penuh perhatian (mindful) 
 
d 
Sumber: Treehugger 
 
Kunyah makanan secara perlahan dan mindful atau penuh perhatian. Sadari apa yang kita makan, dan seberapa banyak porsinya. 

Sebaiknya, kita tidak makan sembari melakukan kegiatan lain seperti membaca buku atau menonton televisi. Karena hal itu membuat kita mengira asupan makan yang masuk ke tubuh jumlahnya lebih sedikit dari yang sebenarnya. 
Kunyah makanan setidaknya lima sampai enam kali, sebab otak butuh waktu 20 menit untuk memberi sinyal ke perut apabila perut sudah penuh. 

4. Makan hingga kita merasa 80 persen kenyang 
 
d 
Sumber: Insider.com 
 
Lebih baik kita makan sampai merasa 80 persen kenyang, ketimbang 100 persen atau benar-benar kenyang. 

"Anda tidak akan merusak apa pun dengan satu hari makan, tetapi ini cara yang baik untuk berhenti makan ketika Anda sudah 80 persen kenyang, daripada kenyang dan merasa kembung," sebut Leanne. 

Leanne menambahkan bahwa dia biasa membuat target 70 persen kenyang dengan makanan utamanya, karena dia selalu menginginkan hidangan pencuci mulut meski dalam kondisi kenyang.

5. Pilih makanan favorit 
 
d 
Sumber: The Guardian Nigeria 

Cara terbaik untuk tetap bugar selama Natal dan sesudahnya adalah memilih satu atau dua camilan favorit. Jadi, tahan diri untuk tidak tergoda mengambil semua yang dihidangkan. 

"Saya tidak mempromosikan penghitungan kalori, saya mempromosikan keseimbangan," ujar Leanne.

Sumber: kompas.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.