Sobat Souja, sebagai sesosok orang tua kita perlu mengenali gejala asma jika terjadi pada anak. Asma merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan peradangan " />

Kenali Macam Gejala Asma Yang Sering Muncul Pada Anak

  • Minggu, 03/01/2021 - 10:39 WIB
Sobat Souja, sebagai sesosok orang tua kita perlu mengenali gejala asma jika terjadi pada anak. Asma merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran napas. Asma pada anak bisa dipicu oleh berbagai faktor, mulai dari keturunan atau adanya riwayat asma dalam keluarga, inveksi virus, hingga pengaruh lingkungan. Asma pada anak yang tidak mendapatkan penananganan dapat kambuh tiba-tiba dan bisa menganggu aktivitas anak, baik saat bermain atau bersekolah. Berikut ini terdapat macam gejalanya yang perlu Sobat Souja ketahui, yuk kita simak bersama di bawah ini!
 
asma anak
Source: emc.id
 
1. Sering Batuk
Salah satu gejala asma pada anak adalah batuk, baik itu batuk berdahak maupun batuk kering. Anak yang menderita asma umumnya lebih sering batuk, terutama di malam hari. Selain di malam hari, batuk juga bisa muncul saat anak berolahraga, bermain, atau melakukan aktivitas ringan.

2. Sesak Napas
Gejala asma yang umum adalah sesak napas. Sesak napas akibat asma pada anak bisa disertai dengan napas yang tersengal-sengal dan nyeri dada.

3. Napas Berbunyi
Selain sesak dan sulit bernapas, anak asma bisa mengalami napas berbunyi. Bunyinya seperti siulan dan umumnya terdengar saat anak menghembuskan napas.

4. Terlihat Lesu
Anak yang menderita asma bisa terlihat lesu. Mereka terlihat lunglai dan tidak tertarik dengan aktivitas yang biasa digemarinya, bahkan dengan permainan favoritnya.

5. Susah Tidur
Asma dapat menyebabkan kualitas tidur anak menurun. Hal ini karena batuk dan sesak napas yang kambuh di malam hari dapat membuatnya sulit tidur, atau menjadi sering terbangun.
 
gejala asma anak
Source: detik.net.id
Nah, Sobat Souja itu dia macam gejala asma yang sering terjadi pada anak dan harus diketahui oleh para orang tua di luar sana. Hal ini karena asma merupakan kondisi yang memerlukan penanganan pada waktu yang tepat. Jika anak kalian mengalami salah satu atau beberapa gejala di atas, sebaiknya segera periksakan ke dokter, agar penyebabnya dapat diketahui. Semoga infonya dapat bermanfaat ya Sobat Souja!

Sumber artikel: Alodokter.com 
 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.