Jangan Dibuang, Ini 5 Manfaat Botol Kaca untuk Mempercantik Rumah

  • Selasa, 12/01/2021 - 12:03 WIB
Hai, Sobat Souja! Stoples jadi salah satu komponen penting yang harus ada di dapur. Tanpanya, dapur tak akan tertata rapi. Jenis stoples pun beragam, tapi yang paling sering digunakan adalah berbahan kaca.

Material kaca pada stoples dinilai mampu menjaga aroma dan keawetan sebuah makanan. Stoples kaca juga dianggap punya nilai estetika tinggi dibanding bahan lainnya.

Sayangnya, masih banyak orang yang tidak memanfaatkan kegunaan stoples kaca dengan baik. Padahal, stoples kaca gak cuma bisa jadi wadah penyimpanan, lho. Biar kamu terinspirasi, cek manfaat lainnya melalui ulasan berikut ini, ya!

1. Dimanfaatkan untuk vas bunga  
 
d 
Sumber: dekoruma 
 
Stoples kaca yang bening membuatnya sangat cocok dijadikan vas bunga. Isi dengan air terlebih dahulu supaya bunga tetap segar dan tahan lama. Kamu juga bisa menambahkan bebatuan atau batu kristal di dalamnya. Dijamin, hasilnya lebih hidup deh.

Kalau tidak mau yang terlihat polos, kamu bisa mengkreasikannya dengan pita, lho. Lilitkan di sekitar mulut stoples, lalu rekatkan dengan lem. Nah, vas bunga ini bisa kamu pajang di meja ruang tamu atau di sudut kamarmu.

2. Mempercantik ruangan dengan terrarium
 
d 
Sumber: kaktus makassar 

Buat yang belum pernah dengar, terrarium adalah tanaman yang ditanam di dalam wadah kaca, seperti stoples ini. Dengan begitu, kamu gak perlu membeli pot lagi untuk menanam. Namun, tentu saja ukuran tanaman bakal jauh lebih kecil.

Bahan-bahan yang diperlukan sangat mudah didapat, seperti tanah, pupuk, dan tanaman berukuran mungil. Letakkan stoples berisi tanaman ini di pinggiran jendela. Dijamin bakal terlihat makin estetik deh!

3. Gunakan sebagai wadah lilin  
 
d 
Sumber: rumah123.com 

Kamu pencinta lilin aromaterapi? Nah, pas banget stoples kaca ini bisa kamu jadikan wadahnya. Selain apinya gak akan gampang padam, stoples kaca ini tak akan meleleh meski terkena api terlalu lama.

Cahaya lilin pun bakal terlihat lebih cantik, apalagi kalau stoples kacamu berwarna-warni. Perlu diingat, pastikan ukuran stoplesnya lebih tinggi daripada lilinnya. Dengan begitu, apinya gak akan mudah padam terkena angin.

4. Bisa jadi wadah pudding in jar

 d 
Sumber: bekerella 
  
Selain untuk menyimpan kue-kue kering, stoples kaca juga bisa kamu jadikan tempat makanan basah seperti puding, lho. Pudding in jar atau puding di dalam stoples ini memang sedang naik daun karena tampilannya yang unik.

Asyiknya lagi, adonan puding yang masih panas bisa langsung kamu masukkan ke dalam stoples. Dengan warnanya yang bening, kamu bisa membuat adonan puding secantik mungkin. Saat disimpan di dalam kulkas pun, stoples kaca juga tetap aman kok.

5. Sulap stoples jadi sebuah celengan  
 
d 
Sumber: okezone lifestyle 

Stoples kaca yang sudah tak digunakan bisa kamu sulap jadi celengan, lho. Daripada beli lagi di luar, manfaatkan saja stoples kaca ini.

Kamu bisa melapisi bagian luarnya dengan cat supaya uang di dalamnya tidak terlihat. Rekatkan pula bagian tutupnya. Dengan begitu, kamu tak akan tergoda membuka dan mengambilnya.

Itu dia beberapa manfaat stoples kaca selain untuk menyimpan kue kering dan bahan dapur. Ternyata, botol kaca bisa juga dijadikan dekorasi ruangan ya? Yuk, segara kreasikan stoples kaca yang ada di rumah jadi salah satu barang di atas!

Yuk simpan toplesmu dan coba salah satu dari hal di atas!

Sumber: IDN Times


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.