5 Cara Menanam dan Merawat Bunga Matahari biar Tumbuh Sempurna

  • Minggu, 10/01/2021 - 09:34 WIB
Hai, Sobat Souja! Bercocok tanam sedang menjadi salah satu aktivitas paling diminati saat ini, salah satunya adalah menanam bunga matahari yang ternyata cukup mudah diterapkan. Bunga berwarna kuning mencolok dengan kelopak yang besar ini terlihat indah ketika mekar sempurna.

Bunga matahari sendiri bisa tumbuh tinggi mencapai 4,5 meter, lho. Gak heran kalau saat ini banyak banget tempat wisata yang menanamnya untuk jadi daya tarik tersendiri.

Menanam bunga matahari juga bisa dilakukan di pekarangan rumahmu, lho. Caranya mudah dan harga bibitnya pun terjangkau, simak cara selengkapnya melalui ulasan berikut ini, ya!

1. Pilih jenis biji kuaci yang tepat  
 
d 
Sumber: Lifestyle Okezone 
 
Hal pertama yang sudah pasti harus kamu perhatikan adalah memilih biji kuaci terbaik. Biji tanam ini berbeda dengan kuaci yang biasa kamu makan. Kuaci tanam memiliki ukuran lebih kecil dan jenisnya pun beragam.

Ada mammoth grey yang biji kuacinya berwarna putih dengan ukuran besar bergaris. Kemudian, ada velvet queen yang punya bentuk lebih kecil. Sementara, evening sun punya jenis yang bervariasi, mulai dari putih sampai bijinya yang berwarna hitam.

Sebelum ditanam, coba terlebih dahulu kelayakannya. Kamu bisa merendamnya di dalam air selama sepuluh menit. Apabila ada yang mengapung, itu berarti sudah tidak layak tanam.
 
2. Siapkan lahan dengan sinar matahari cukup

d 
Sumber: 8villages 
  
Memilih tempat atau lahan menanam bunga matahari pun tidak boleh sembarangan. Hal utama yang harus dipertimbangkan adalah sinar matahari dan tanaman terlindungi dari terpaan angin kencang.

Kamu bisa menanamnya di sepanjang pagar atau di samping rumah supaya tidak terkena angin dan rusak. Untuk jenis tanah, bunga matahari tidak terlalu pemilih. Pastikan saja tanaman ini mendapatkan aliran air yang baik.

3. Gunakan media tanam yang sesuai  
 
d 
Sumber: Wollipop 
 
Setelah biji kuaci dan lahannya sudah siap, barulah kamu bisa mulai menanamnya. Pastikan tanahnya gembur dan ringan. Apabila nutriennya buruk, tambahkan sedikit kompos.

Setelah itu, gali lubang sedalam tiga sentimeter dengan jarak 45 sentimeter antara satu dengan lainnya. Apabila kamu menanamnya dengan cara per baris, maka berikan jarak sekitar 75 sentimeter.

Jika lubang sudah siap, masukkan beberapa benih kuaci di setiap lubang, lalu tutupi dengan tanah. Berikan sedikit pupuk organik dan sebarkan pada area tanam supaya bunga matahari yang tumbuh bisa kuat dan kokoh.

4. Beri lapisan jerami saat sudah tumbuh subur  
 
d
Sumber: IDN Times 
 
Dibandingkan dengan tanaman lainnya, bunga matahari membutuhkan air yang banyak. Sirami tanaman setiap hari dengan air banyak dan intensitasnya sering. Tenang saja, akar bunga ini tumbuh jauh ke dalam sehingga bakal kuat.

Apabila bunga matahari sudah tumbuh cukup tinggi, pastikan kamu memberikan lapisan jerami bebas biji atau mulsa. Hal ini bisa menahan kelembapan dan mencegah pertumbuhan hama, lho.

5. Cara memotong bunga tak bisa sembarangan   
 
 d
Sumber: Overblog 
 
Biasanya, ketika bunga matahari sudah tumbuh dengan subur, banyak orang yang memilih untuk dijadikan hiasan. Tentu saja itu dilakukan dengan memotong tangkai bunga tersebut, kemudian diletakkan di dalam vas.

Memotongnya harus di sudut tertentu dan dilakukan saat pagi hari sebelum kelopak bunganya mekar sempurna. Jika sudah, ganti air dalam vas bunga setiap hari agar kesegarannya tetap terjaga.

Nah, begitulah cara mudah menanam dan merawat bunga matahari dengan benar. Pastikan segara persiapan sebelum menanan sudah sesuai supaya nantinya bunga dapat tumbuh dengan baik. Kamu sudah pernah menanam bunga matahari belum nih?

Sumber: IDN Times

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.