Mengenal Brulee, Krim Gosong yang Kini Viral

  • Selasa, 12/01/2021 - 12:03 WIB
Hai, Sobat Souja! Brulee kini jadi bahan makanan yang ramai jadi perbincangan. Berbagai makanan menambahkan brulee sebagai pelengkap seperti spaghetti dan juga bitterballen.

Apa sebenarnya itu brulee?
  
 d
Sumber: NY Cooking Times 
 
Brulee merupakan krim gosong yang berasal dari Prancis. Krim ini kerap dijadikan sebagai makanan penutup maupun krim tambahan dalam makanan.

Dalam kamus Oxford, krim brulee atau crème brûlée diartikan sebagai makanan penutup dingin atau hidangan manis yang terbuat dari krim, dengan gula gosong di atasnya.

Krim brulee terbuat dari kuning telur atau gula yang diaduk dengan krim panas.

Resep paling awal dari krim brulee pertama kali diketahui terdapat dalam buku masak Cuisinier royal et bourgeois yang ditulis oleh chef Prancis François Massialot pada 1691.

Dalam buku Catalan Cuisine, dessert ini pada abad ke-18 dan 19 tidak terlalu terkenal. Barulah pada tahun 1980-an hampir semua restoran di Prancis menjual makanan ini.

Tak hanya sebagai dessert yang manis, brulee juga berkembang menjadi krim yang gurih. Teknik memasak krim ini sama dengan brulee sebagai dessert. Pada spageti, krim brulee diletakkan di bagian atas. Krim ini juga dibuat gosong pada bagian atas dan lumer di dalam.

Begitu pula pada bitterballen, krim brulee dijadikan sebagai isian yang lumer saat dimakan.

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.