Hai Sobat Souja, ketika kita ingin melamar pekerjaan di sebuah perusahaan tentu tidak dapat dipungkiri bahwa langkah awal untuk bisa bekerja di perusahaan impian " />

Tips Menampilkan Lamaran CV Yang Dapat Menarik HRD

  • Rabu, 13/01/2021 - 10:36 WIB
Hai Sobat Souja, ketika kita ingin melamar pekerjaan di sebuah perusahaan tentu tidak dapat dipungkiri bahwa langkah awal untuk bisa bekerja di perusahaan impian adalah dengan menyertakan curriculum vitae ke HRD (Human Resources Development) perusahaan yang ditujukan. Melalui CV inilah, para HRD akan menyeleksi Sobat terlebih dahulu untuk memudahkan dalam mengevaluasi dan mengetahui kompetensi para pelamar. Namun, seringkali surat lamaran tidak dibaca dengan saksama oleh perusahaan bahkan ada yang tidak diminati oleh pihak HRD karena kualitas CV yang kurang menarik. Kali ini, kita mau bagi tips nih buat Sobat Souja yang ingin melamar pekerjaan dengan cara melampirkan CV yang menarik, yuk langsung kita simak aja!
 
lamaran CV
Source: akamaized.net
 
1. Pahami Isi Dari CV Terlebih Dahulu
Bagi Sobat Souja para Fresh Graduate yang belum mengetahui bagaimana membuat CV yang menarik, ada baiknya untuk memahami dahulu apa saja yang wajib dicantumkan pada CV. Usahakan untuk menuliskannya dengan singkat dan jelas. Karena dengan begitu CV pun akan lebih nyaman dibaca.

2. Buat Design Sederhana Namun Tetap Menarik
Salah satu yang menjadi daya tarik suatu CV di mata HRD adalah desain yang simple namun tetap memuat informasi-informasi penting. Terdapat beberapa aplikasi bisa Anda gunakan, mulai dari coreldraw, photoshop, bahkan aplikasi yang memang khusus untuk mendesain CV. Namun sebelum memilih desain CV yang menarik, pastikan desainnya tetap simple dan mudah dipahami oleh HRD dari segala umur.

3. Cantumkan Informasi Pengalaman Bekerja Secara Detail
Pada isi CV tersebut, tulislah pengalaman bekerja secara detail. Tuliskan tanggung jawab serta kompleksitas pekerjaan Sobat di perusahaan sebelumnya atau yang berhubungan dengan pekerjaan yang dilamar. Sehingga HRD bisa dengan mudah mengukur kapasitas Sobat, apakah memang cocok dengan posisi yang dilamar atau tidak. Semakin lengkap informasi yang dicantumkan, semakin besar kemungkinan pula dipanggil untuk interview oleh perusahaan tersebut.

4. Sisipkan Kontak Referensi
Informasi selanjutnya yang harus disediakan adalah kolom kontak referensi. Adapaun tujuan dari kontak referensi ini adalah memberikan informasi penting dari pihak ketiga terkait kompetensi terhadap pekerjaan yang akan diberikan oleh perusahaan pada Sobat. Tetapi, sebelum  mencantumkan informasi referensi, pastikan telah meminta izin pada orang yang nomornya dicantumkan sebagai referensi, ya!

5. Tunjukkan Kemampuan Bahasa Asing
Jika Sobat menguasai bahasa asing, cobalah untuk menulis CV dengan menggunakan  bahasa inggris. Sering kali CV yang menggunakan bahasa asing menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap perusahaan. Terlebih lagi jika perusahaan yang dilamar adalah perusahaan multinasional.

CV Recruitment
Source: tempo.co
Nah, itu dia Sobat Souja beberapa macam hal yang bisa kalian ikuti guna menghasilkan lamaran CV yang dapat menarik perhatian HRD untuk merekrutmu. Semakin CV-mu unik dari para pelamar lainnya maka semakin banyak kesempatan yang bisa Sobat dapatkan untuk dipanggil melakukan interview bersama HRD dan user dalam sebuah perusahaan yang diinginkan. Semoga bermanfaat ya tipsnya!

Sumber artikel: Koinworks.com 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.