Tips Atasi Kelelahan Pikiran

  • Kamis, 14/01/2021 - 13:40 WIB
Sobat Souja, saat kondisi tubuh merasa lelah tentu mengganggu kegiatan dan aktivitas sehari-hari. Namun, kondisi ini tak dipungkiri juga berawal akibat terlalu padatnya aktivitas dan kurangnya waktu istirahat. Praktisi mindfulness, Adjie Santosoputro belum lama ini membeberkan penyebab dan cara mengatasi kelelahan yang juga dipicu karena pikiran. Menurutnya,  kondisi kelelahan akibat kegiatan sehari-hari membuat kita tidak sadar diri untuk melakukan apa yang sudah kita tahu mesti kita lakukan. Lebih lanjut, Adjie mengungkapkan dua penyebab kelelahan yang terjadi tanpa banyak disadari. Kebanyakan orang beranggapan bahwa menunjukkan diri sedang sibuk menjadi bukti kehadiran dirinya, terutama dalam pekerjaan.


Namun, tanpa disadari ambisi tersebut membuat diri kehilangan sesuatu yang penting bagi kesehatan. Sementara, penyebab lain kelelahan adalah hiburan berlebihan. Akibat kecanduan sibuk yang membuat lelah, itu lantas mendorong orang menjadi haus akan hiburan. Sayangnya, kondisi ini bisa tak terkendali karena terus-menerus mencari dan timbulnya hiburan baru satu serta lainnya. Hiburan yang kita harapkan menawarkan lelah ternyata membuat kita sibuk. Sibuk berlipat ganda. Kelelahannya pun berlipat ganda. Adjie kemudian mengatakan bahwa kelelahan bukan hanya karena fisik yang terus-menerus berkegiatan, tapi itu juga bisa bersumber dari pikiran.


Agar tidak kelelahan dan bisa menjaga kesehatan, penting melatih pikiran untuk stimulan. Stimulan ini berarti kita lebih sadar di sini, karena sadar adalah dasar untuk hidup sehat. Think well berarti kita lebih mindfull, menerima kenyataan apa adanya. Kenyataan akan selalu bervariasi dari yang menyenangkan, menyebalkan, sesuai dan tidak sesuai. Itu merupakan sesuatu yang wajar. Lantas, bagaimana cara melatih kesadaran diri agar berpikir dengan baik? Simak tipnya berikut ini, ya! 


Ciptakan Pause Moment
Biasakan dirimu memiliki waktu untuk berhenti di sela - sela aktivitas serta rutinitasmu. Ambil waktu sejenak, agar tubuh dan pikiran beristirahat sehingga bisa memiliki cadangan energi yang cukup.


Mulai Hari dengan Fokus
Selain itu, dia juga menganjurkan agar setiap pagi setiap harinya, luangkan waktu 5-10 menit untuk memfokuskan diri dengan duduk diam sambil memejamkan mata dan hanya sadari suara nafas.


Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.