Kerap Merasa Lelah Saat Bangun Tidur? Mungkin 5 Hal ini Penyebabnya!

  • Minggu, 17/01/2021 - 10:31 WIB
Sobat Souja, bangun pagi sejatinya bisa membuat tubuh merasa lebih segar dan bugar. Namun demikian, ada kalanya bangun tidur malah membuat seseorang merasakan kelelahan, bahkan diantaranya disertai dengan kepala pening. Lantas, apa yang menyebabkan hal tersebut? Mengutip CNN Indonesia, berikut ini penyebabnya!


Inersia Tidur
Mengutip Healthline, kemungkinannya rasa pusing di pagi hari hanyalah inersia tidur yang merupakan bagian normal dari proses bangun tidur. Otak biasanya tidak langsung bangun setelah tidur, tetapi bertransisi secara bertahap ke kondisi terjaga atau sadar. Selama masa transisi ini, kamu mungkin merasa pusing, kalau kamu tidak berhati - hati bisa saja tertidur kembali. Inersia memperlambat keterampilan kognitif serta motorik Sobat Souja, itulah sebabnya terkadang kamu merasa tidak mungkin melakukan apapun segera setelah bangun tidur. 
Lebih lanjut, Sobat mungkin mengalami gejala inersia saat: tidak cukup tidur; bangun dengan tiba - tiba dari tidur nyenyak; menyetel alarm lebih awal dari biasanya; gangguan tidur disebabkan shifting kerja; apnea tidur obstruktif dan beberapa jenis gangguan tidur ritme sirkadian. 


Gangguan Tidur
Seseorang yang mengalami gangguan tidur akan terus terbangun dengan rasa lelah meskipun sudah melakukan berbagai cara, dalam istilah medis disebut dengan apnea, insomnia, atau bruxism. Sobat bisa berkonsultasi dengan dokter apabila mengalami gangguan tidur seperti disebutkan di atas. 


Kebiasaan Buruk
Kebiasaan buruk dapat berupa: tidur siang dengan durasi lebih dari 1 jam; melihat layar ponsel atau komputer dalam 2 jam setelah tidur; memiliki lingkungan tidur yang terlalu panas, terang atau alas tidur yang tidak nyaman; serta gaya hidup dan faktor makanan yang buruk. 


Minum Kafein Sebelum Tidur
Kafein dapat merangsang sistem saraf pusat seseorang. Oleh karena itu, mereka yang makan cokelat atau minum berkafein menjelang tidur mungkin mengalami kesulitan tidur. Hal ini juga menjadi penyebab bangun tidur merasa lelah. 


Minum Alkohol Sebelum Tidur
Alkohol adalah obat penenang yang dapat menyebabkan seseorang lebih cepat tertidur. Namun, itu juga menghentikan seseorang memasuki tidur dengan gerakan mata yang cepat sehingga mengakibatkan buruknya kualitas tidur seseorang. 


Sumber: CNN Indonesia






About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.