Resep Tekwan khas Palembang yang Mudah

  • Kamis, 21/01/2021 - 10:50 WIB
Sobat Souja, Makanan khas dari Sumatera Selatan yaitu tekwan, memang sudah sangat terkenal. Bahkan beberapa kedai sering menjual hidangan tekwan bersamaan dengan pempek. Resep tekwan yang mudah sekali dibuat ini sejatinya mirip seperti membuat pempek. Tapi perbedaannya terletak pada adonan tekwan yang dibentuk bulat lalu disajikan dengan jamur kuping, bihun, dan bengkuang.

Jika mundur ke catatan sejarahnya, tekwan ini merupakan hidangan percampuran dua budaya yaitu Palembang dan Tionghoa. Dahulu dikisahkan, banyak orang Tionghoa yang menetap tinggal di Palembang dan mengenalkan hidangan berbahan dasar ikan tersebut. Seiring berjalannya waktu, konsep membuat tekwan itu dikreasikan dengan menyesuaikan rasa khas lidahnya orang Palembang. Kemudian muncullah singkatan 'tekwan' yang berasal dari 'Berkotek Samo Kawan'. Artinya dalam bahasa Palembang adalah 'duduk ngobrol bersama teman'.
tekwan
source: cnnindonesia
 
Nah, bagi Sobat yang ingin menyantap makanan gurih dan berkuah, tekwan bisa jadi pilihan pas untuk menghangatkan tubuh terlebih di musim penghujan seperti sekarang. Berikut cara membuat tekwan ala Palembang yang mudah dibuat sendiri di rumah.

Bahan Membuat Tekwan:
600 gram daging ikan tenggiri
450 gram tepung sagu tani
450 ml air es
1 butir putih telur
2 sdm garam
3 sdt gula pasir

Bumbu Kuah:
3 siung bawang merah
3 siung bawang putih
½ ons udang ebi
Lada bubuk secukupnya
Kaldu udang
Garam secukupnya
Kaldu jamur

Bahan Pelengkap:
Daun seledri
Jamur kuping
Soun atau bihun
Bengkuang
Cabai rawit hijau dihaluskan
Bawang goreng
craftlog
source: craftlog
Cara Membuat Tekwan:
1. Langkah pertama dari resep tekwan yang mudah dibuat adalah, menghaluskan ikan terlebih dulu menggunakan food processor beserta air es dan putih telur sampai rata
2. Setelah halus tambahkan tepung sagu, garam, gula, kaldu jamur, kemudian aduk sampai semua bumbu tercampur
3. Lalu didihkan air dan cubit adonan atau bentuk bulat seperti membuat baso
4. Jika semua adonan sudah selesai dibentuk, rebus semua ke dalam air mendidih
5. Sambil menunggu, lanjut buat kuahnya dengan menghaluskan bawang merah, bawang putih, ebi dan tumis sampai harum
6. Masukkan air kaldu udang, beri kaldu jamur, garam, dan lada atau merica bubuk
7. Masukkan adonan tekwan tadi ke dalam kuah dan tambahkan jamur, bengkuang
8. Masak sampai semua matang sempurna
9. Setelah matang, matikan api dan siapkan mangkuk berisi soun atau bihun, lalu masukkan tekwan serta jamur dan bengkuang
10. Beri taburan seledri dan bawang goreng di atasnya dan rawit hijau jika menyukai pedas, dan tekwan pun siap dinikmati.

Resep tekwan yang mudah dibuat seperti di atas bisa menghasilkan sekitar 10 porsi atau lebih, dengan durasi pembuatan kurang lebih satu jam. Selamat mencoba.
Source: cnnindonesia.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.