Resep Kol Goreng Sehat ala Chef Yuda Bustara

  • Minggu, 05/12/2021 - 11:48 WIB
Hai, Sobat Souja! Kol goreng terkenal sebagai makanan enak tidak sehat. Meski tidak sehat, tapi banyak yang menyukai makanan yang kerap ditemui di warung tenda pecel lele pinggir jalan ini.

Kol yang layu dengan kandungan minyak berlebih dicocol dengan sambal memang menciptakan sensasi rasa yang luar biasa, apalagi dinikmati dengan sepiring nasi putih hangat, siapa yang bisa menolak sensasi rasa ini?

Bagi para pecinta kol goreng, Anda tak perlu khawatir karena takut akan bahaya kesehatan yang bisa mengancam akibat terlalu banyak mengonsumsinya. Chef Yuda Bustara membagikan resep kol goreng sehat yang bisa Anda nikmati kapan pun dengan rasa yang tentu jauh lebih lezat.

"Bahkan kol goreng ini bisa mengenyangkan meskipun dimakan tanpa nasi, tentu tetap sehat," kata Yuda saat melakukan Cooking Demo dalam acara kampanye MAKE IT LAST (Taste), by Electrolux, Selasa (30/11).

Berikut resep dan cara memasak kol goreng sehat ala Chef Yuda Bustara

Bahan:
Satu bonggol kol putih
Olive oil atau minyak kelapa secukupnya
Susu kedelai
Merica secukupnya
Garam secukupnya
Gula secukupnya
Keju (optional)

Bahan sambal:
5 buah cabe rawit domba atau sesuai selera
3 siung bawang merah
Garam secukupnya
Minyak kelapa secukupnya

Cara membuat:

1. Potong kol menjadi beberapa bagian sesuai selera, ratakan di wadah, beri minyak kelapa atau olive oil secukupnya.

2. Masukan kol ke oven, panggang selama 30 menit atau hingga berubah warna agak kecoklatan di beberapa bagian

3. Di tempat terpisah, panaskan wajan, masukan susu kedelai dan campurkan merica, garam, dan gula. Aduk, biarkan hingga mendidih.

4. Sambil menunggu, buat sambal cocolan dengan mencampurkan bawang, garam dan cabai rawit ke penghalus atau ulek hingga agak lembut. Beri minyak kelapa yang telah dipanaskan. Sisihkan.

5. Angkat kol yang telah dioven, taburi susu kedelai yang telah mendidih di atasnya. Biarkan sampai meresap. Jika suka, beri taburan keju. Panggang kembali selama lima menit hingga susu kedelai mulai mengkaramel.

6. Angkat dan sajikan dengan sambal bawang. Kol goreng sehat dan mengenyangkan siap disantap.

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.