Sobat Souja, tahukah kalian bahwa makanan juga memiliki jangka waktu tertentu untuk bisa dikonsumsi. Sekalipun kalian sudah mengolah dan menyimpan makanan dengan benar " />

Ketahui Penyebab Makanan Yang Cepat Mudah Basi Yuk!

  • Rabu, 30/03/2022 - 10:55 WIB
Sobat Souja, tahukah kalian bahwa makanan juga memiliki jangka waktu tertentu untuk bisa dikonsumsi. Sekalipun kalian sudah mengolah dan menyimpan makanan dengan benar, ada kalanya masakan tersebut justru cepat basi dibandingkan biasanya. Rupanya, ada beberapa kondisi yang tanpa disadari bisa menjadi penyebab makanan cepat basi lho. Makanan umumnya menjadi basi akibat pertumbuhan mikroba pembusuk seperti ragi, jamur, atau bakteri. Mikroba berkembang biak pada makanan dan menghasilkan zat tertentu yang mengubah warna, tekstur, dan baunya. Berikut ini terdapat penyebab mengapa makananmu cepat mudah basi, langsung aja kita simak informasinya di bawah ini ya!
 
makanan bau basi
Source: medkomtek.com
 
1. Cara Menyimpan Yang Salah
Coba perhatikan kembali bagaimana cara kalian menyimpan makanan. Makanan sering kali menjadi lebih cepat basi akibat cara penyimpanan yang salah. Hal ini juga termasuk pemilihan dan penggunaan wadah makanan yang tidak sesuai. Jika rumahmu hangat dan lembap, hindari menyimpan makanan di tempat terbuka. Sekalipun kalian menggunakan penutup saat menyimpan makanan sisa, upaya ini tidak cukup untuk mencegah pertumbuhan jamur atau bakteri pembusuk.

2. Suhu Kulkas Kurang Dingin
Banyak orang tidak menyadari bahwa penyebab makanan di rumah cepat basi yaitu suhu kulkas yang kurang dingin. Kulkas biasanya diatur dengan suhu minimum 4 derajat Celsius. Pada suhu ini, bakteri dan jamur tidak mampu berkembang biak. Jika makanan yang kalian simpan di kulkas lebih cepat basi daripada biasanya, coba gunakan termometer untuk mengukur suhu kulkasmu. Bila memungkinkan, segera perbaiki masalah pada kulkas sebelum makanan yang lain menjadi busuk.

3. Menyimpan Makanan Saat Masih Panas
Menyimpan atau membungkus makanan yang masih panas justru merupakan penyebab makanan cepat basi. Ketika kalian menyimpan rapat-rapat makanan yang masih panas, uap dari makanan akan bergerak ke atas dan membentuk embun pada tutup wadah. Embun kemudian menetes pada makanan dan membuat permukaannya menjadi lembap. Jamur dan bakteri pembusuk menyukai lingkungan yang lembap dan hangat. Mereka akan tumbuh subur pada permukaan makanan yang lembap sehingga makanan justru menjadi lebih cepat basi dari biasanya.

4. Paparan Cahaya Yang Berlebihan
Siapa sangka, sorot cahaya matahari atau lampu juga bisa menjadi penyebab makanan cepat basi. Proses penurunan kualitas makanan atau minuman akibat paparan cahaya yang berlebihan dikenal sebagai fotodegradasi. Fotodegradasi umumnya terjadi pada makanan yang mengandung zat tertentu yang sensitif terhadap cahaya, misalnya lemak, pigmen, protein, dan vitamin. Proses ini bisa menyebabkan hilangnya vitamin atau perubahan warna dan rasa makanan.
 
buang makanan basi
Source: primadaily.com
Nah, itu dia Sobat Souja beberapa penyebab yang mesti kalian hindari agar makananmu tidak cepat basi. Setiap jenis makanan mempunyai daya tahan yang berbeda-beda. Ada makanan yang tahan selama berhari-hari bakan berbulan-bulan seperti keripik dan makanan kaleng Namun, ada pula makanan yang bisa basi dalam kurang dari 24 jam seperti santan. Maka dari itu, penting bagi Sobat untuk mengetahui penyebabnya ya Sobat Souja!

Sumber artikel: Hellosehat.com
 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.