Manfaat Pohon Natal untuk Kesehatan Mental dan Kekebalan Tubuh

  • Senin, 27/12/2021 - 06:14 WIB
Hai, Sobat Souja! Banyak penelitian mengungkap bahwa melakukan kegiatan di hutan, misal berjalan santai memberi dampak positif untuk kesejahteraan dan kesehatan seseorang. Melakukan kegiatan di hutan juga disebut bisa mengurangi kadar kortisol atau hormon yang bertanggung jawab atas stres seseorang.

"Melakukan sedikit kegiatan luar ruangan yang menyenangkan di dalam ruangan akan memengaruhi manusia secara positif," kata psikolog Sonja Peterson-Lewis, seorang profesor di Temple University di Philadelphia dikutip dari CNN.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Environmental Health Research mengatakan, 'manfaat hutan' masih bisa didapat seseorang dengan meletakkan tumbuhan atau pepohonan dalam ruangan, termasuk meletakkan pohon Natal asli di dalam ruangan. Hal ini terbukti bisa mengurangi kecemasan dan depresi.

Charlie Hall, profesor dan ketua Ellison di departemen ilmu hortikultura di Texas A&M University di College Station mengatakan, orang cenderung memperlihatkan rasa belas kasih dan sayangnya saat berada di ruangan yang terdapat tanaman hidup di dalamnya.

Kesehatan mental juga bisa didapat saat Anda menebang pohon Natal bersama orang terkasih di perkebunan khusus yang memang menjual pohon Natal asli setiap hari raya. Memilih pohon dengan orang lain meningkatkan ikatan dan juga meningkatkan kesehatan psikologis Anda.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh dan Kadar Udara

Tak hanya kesehatan mental dan memperbaiki hubungan dengan orang sekitar, pohon Natal juga dipercaya bisa meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh. Pohon cemara - jenis yang kerap digunakan saat Natal - adalah penghasil phytoncide, bahan kimia yang meningkatkan aktivitas sel pembunuh alami. Sel pembunuh alami melawan infeksi virus dan merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh.

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.