Cara Masak Paling Sehat dan Paling Buruk

  • Minggu, 02/01/2022 - 08:37 WIB
Hai, Sobat Souja! Banyak cara bisa digunakan untuk memasak makanan. Namun, tak semua cara itu baik untuk nutrisi dan kesehatan Anda. Terdapat sejumlah cara masak paling sehat dan paling buruk.

Cara masak yang sehat dapat membuat nutrisi makanan tetap utuh saat dikonsumsi. Sedangkan cara masak yang paling buruk menyebabkan gizi dalam makanan hilang atau bahkan berganti menjadi kandungan yang dapat merusak kesehatan.

Pilih cara masak yang sehat untuk Anda dan keluarga agar kesehatan tetap dapat terjaga. Sejumlah penelitian mengurutkan daftar cara masak yang paling sehat hingga paling buruk.

Berikut cara masak paling buruk:

1. Menggoreng

Menggoreng makanan dengan menggunakan minyak yang yang banyak merupakan cara masak yang buruk. Studi menunjukkan konsumsi makanan yang digoreng dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke, serta kematian dini.

2. Pengasapan

Pengasapan makanan, biasanya pada daging atau ikan juga tak baik untuk kesehatan. Studi menunjukkan cara masak ini dikaitkan dengan kanker pada saluran pencernaan.

3. Memanggang

Studi dari Harvard Health menunjukkan metode masak makanan dengan memanggang meningkatkan risiko karsinogenik atau zat yang memicu perkembangan kanker.

Berikut cara masak yang paling sehat:

1. Penguapan atau steaming

Dikutip dari Eat This, penguapan dianggap sebagai metode memasak yang paling baik.

Studi dari Cornell University menunjukkan metode memasak ini dapat meningkatkan antioksidan pada sayur seperti wortel dan kubis. Kandungan vitamin C dan B juga akan lebih baik saat dimasak dengan metode penguapan.

2. Panci bertekanan atau pressure cooking

Memasak dengan menggunakan panci bertekanan juga membantu menjaga nutrisi dalam makanan selama proses memasak. Studi dari menunjukkan proses memasak ini membantu kandungan vitamin C bertahan hingga 90 persen di dalam sayuran.

3. Sous vide

Sous vide merupakan metode memasak menggunakan kantong kedap udara lalu dimasak dengan lambat. Metode ini dapat menjaga kandungan vitamin C dan B di dalam makanan sehingga dapat diserap tubuh lebih maksimal.

Itulah cara memasak paling sehat dan paling buruk.

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.