Awal Tahun 2022, Lakukan 5 Hal demi Kesehatan Jantung yang Lebih Baik

  • Selasa, 01/02/2022 - 11:37 WIB
Hai, Sobat Souja! Tahun baru menandai awal yang baru tentang banyak hal dan bagi banyak orang itu berarti membuat beberapa perubahan yang sehat. 

Hal tersebut mungkin pula perlu dilakukan, setelah kita memanjakan diri dengan makanan yang enak yang kerap kurang menyehatkan di sepanjang libur akhir tahun. 

Tentu saja, membuat perubahan yang sehat juga sangat menguntungkan bagi orang-orang yang ingin meningkatkan kesehatan jantung. 

"Yang paling penting adalah menetapkan tujuan yang realistis dan mulai dengan perubahan kecil yang dapat ditingkatkan dari waktu ke waktu." 

Demikian kata ahli jantung di American Heart Association (AHA), John A. Osborne, MD, PhD. 

"Dan jika kita keluar jalur, jangan berkecil hati atau menyerah. Mempertahankan gaya hidup sehat membutuhkan waktu." 

"Jadi, berbaiklah pada diri sendiri dan sadari bahwa memulai yang baru dan sehat tidak selalu harus bertepatan di awal tahun," sambung dia. 

Baru-baru ini, AHA pun membagikan kumpulan tujuan dan resolusi yang mudah dicapai, yang dapat membantu kita menjaga kesehatan jantung yang lebih baik. 

Berikut ini adalah lima hal yang harus dilakukan pada tahun 2022 untuk kesehatan jantung yang lebih baik. 

1. Ambil satu langkah pada satu waktu Kita tidak perlu mewujudkan semua tujuan ini sekaligus.

Kita tidak perlu mewujudkan semua tujuan ini sekaligus.

Cari cara untuk menyelipkan beberapa pilihan yang lebih sehat melalui pola makan atau temukan sepuluh menit dalam sehari untuk meregangkan kaki sela-sela kesibukan bekerja. 

Mengambil satu langkah sederhana pada satu waktu dapat membantu kita mencapai tujuan secara bertahap dengan lebih mudah. 

2. Banyak mengonsumsi protein tanpa lemak 

Kita semua tahu bahwa ikan dan makanan laut adalah sumber protein yang baik bagi kesehatan jantung. 

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa mengurangi jumlah protein hewani dalam pola makan sehari-hari dapat meningkatkan kesehatan jantung. 

Bagaimanapun, menghindari daging olahan dan berpegang teguh pada protein nabati, makanan laut, serta potongan daging tanpa lemak dapat membantu kita menjaga jantung dalam kondisi yang baik. 

3. Melakukan aktivitas fisik 

"Seimbangkan asupan makanan dan kalori dengan aktivitas fisik untuk menjaga berat badan yang sehat," demikian rekomendasi dari AHA. 

Selama kita menemukan versi latihan yang kita sukai, penelitian menunjukkan, latihan kekuatan dan latihan interval intensitas tinggi adalah cara terbaik untuk melindungi jantung kita. 

Pergi jalan-jalan sore juga memiliki banyak manfaat. Jadi, orang-orang yang lebih suka melakukan aktivitas fisik sederhana pun memiliki risiko yang rendah terhadap penyakit jantung. 

4. Membiarkan diri kita istirahat 

Stres bisa menjadi beban bagi jantung. 

Apakah kita memiliki hewan peliharaan yang kehadirannya membantu kita rileks atau membiarkan diri untuk menikmati hal-hal yang membuat kita rileks juga dapat membuat perbedaan besar. 

Cobalah meditasi jika kita mencari aktivitas yang menenangkan untuk ditambahkan ke dalam rutinitas sehari-hari. 

5. Membuat rencana makan 

Menurut AHA, kita tidak perlu menyiapkan makanan setiap minggu jika itu bukan gaya kita, tetapi kita harus membuat rencana makan dan camilan jika kita ingin meningkatkan kesehatan jantung. 

Saat kita membuat rencana tersebut, pikirkan juga untuk menambahkan makanan yang menyehatkan jantung seperti makanan anti-inflamasi dan biji-bijian.

Sumber: Kompas.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.