Rahasia Membuat Kopi Rumahan Ala Kafe yang Enak Menurut Barista

  • Jumat, 21/01/2022 - 09:33 WIB
Hai, Sobat Souja! Bagi seorang pecinta kopi, mungkin “berburu” dan mencicipi berbagai jenis kopi dari satu kafe ke kafe lainnya bisa jadi hobi yang mengasyikkan. 

Sayangnya, hal ini tak bisa selalu dilakukan. Pasalnya, terlalu sering meminum kopi di kafe bisa membuat dompet menipis. 

Jika uang sudah menipis, tentu satu-satunya solusi adalah dengan membuat kopi di rumah. Sayangnya, terkadang rasa kopi yang kita buat sendiri tidak seenak kopi ala kafe. 

Namun jangan khawatir, bagi kamu yang ingin berhemat namun tetap ingin menikmati cita rasa kopi ala kafe, Mathew Lewin, jawara Australian Barista Champion 2019 punya rahasianya. 

Nah, berikut rahasia Lewin, seperti dilansir dari Dmarge. 

Cobalah filter coffee 

Filter coffee merupakan salah satu benda yang jadi tren di tahun 2021. Nah, cara menyeduh kopi dengan filter atau penyaring ini rupanya praktis untuk dibuat di rumah. 

Saking praktisnya, Lewin pun berpendapat bahwa meski filter coffee tidak terlalu banyak dibicarakan orang, ini adalah cara mudah dan trendi untuk mendapatkan secangkir kopi yang enak. 

“Kau tak memerlukan sebuah mesin espresso untuk menjelajahi dunia kopi baru. Ada filter coffee yang relatif murah,” katanya.

Terlepas dari jenis mesin kopimu atau cara membuatnya, Lewin berpendapat bahwa kopi  berkualitas didapatkan dari bahan yang juga berkualitas. 

Menurut Lewin, mesin kopi hanya membuat semuanya menjadi lebih modern saja, karena kunci dari kopi lezat adalah biji dan roasting yang baik. 

Jika bahannya baik, entah itu dibuat dengan metode ala diner coffee atau menggunakan Moka Pot, kopi pun akan terasa baik pula. 

Saat ini ada banyak kopi berkualitas tinggi yang dijual di pasaran dan masing-masing memberi “nuansa’ serta “perjalanan” berbeda di mulut. 

“Ambil beberapa kertas filter dan seduh kopi, kita akan mendapatkan secangkir kopi yang bisa dinikmati selama lebih dari lima atau 10 menit, lebih lama dari espresso mungil biasa,” ujarnya. 

Varian kopi dapat membantu 

Lewin mengatakan bahwa tempat kerjanya, Ona Coffee, selalu menyediakan sekitar 15 jenis kopi atau lebih setiap bulannya. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email Belilah kopi yang bagus Seperti sudah disebutkan sebelumnya, salah satu hal terpenting yang membuat rasa kopi rumahan kita menjadi sepeti kopi ala kafe adalah biji kopi yang bagus. “Ada banyak sekali kopi bagus sekarang ini. Orang-orang telah melakukan roasting pada biji kopi dengan lebih baik. Mulai dari perkebunan hingga cangkir, kopi saat ini merupakan produk yang lebih baik dari sebelumnya,” ujar Lewin.

Belilah kopi yang bagus 

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, salah satu hal terpenting yang membuat rasa kopi rumahan kita menjadi sepeti kopi ala kafe adalah biji kopi yang bagus. 

“Ada banyak sekali kopi bagus sekarang ini. Orang-orang telah melakukan roasting pada biji kopi dengan lebih baik. Mulai dari perkebunan hingga cangkir, kopi saat ini merupakan produk yang lebih baik dari sebelumnya,” ujar Lewin.

Miliki grinder yang bagus 

Menurut Lewin, penggiling kopi atau grinder adalah benda krusial untuk mendapatkan kopi enak. 

“Itu bisa berupa hand grinder yang diputar dengan tangan atau grinder elektrik. Memiliki grinder yang bagus rasanya seperti seorang koki yang memiliki pisau bagus,” kata dia. 

Membuat kopi mirip dengan membuat kue Lewin mengungkapkan bahwa membuat kopi mirip dengan membuat kue. 

“Saat membuat kopi, pikirkanlah berapa banyak ‘tepung’ dan bahan kering lainnya yang dibutuhkan, juga berapa banyak bahan cair yang harus dimasukkan ke dalam ‘kue’ kita,” ujarnya. 

Setelah memastikan jumlahnya tepat, seduhlah dalam jangka waktu tertentu, dan secangkir kopi lezat pun tercipta. 

“Beli bahan-bahan yang bagus dan ikuti resep sederhana ini. Dengan membuatnya seperti ‘kue,’ kau akan membuat kopi yang enak,” ujar Lewin. 

Jangan takut bereksperimen 

Sempat lupa dan meninggalkan kopimu semalaman? Jangan khawatir, Lewin pun pernah melakukannya.

Sumber: Kompas.com


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.