Resep Bakmi Jawa, Hidangan Khas Yogyakarta yang Cocok Disantap Saat Hujan

  • Minggu, 09/01/2022 - 07:44 WIB
Hai, Sobat Souja! Siapa, sih yang tidak tahu dengan mi? Makanan yang sering kali dijadikan sasaran ketika kita malas menyantap nasi. Terlebih mi memiliki banyak variasi yang dapat kita pilih sesuai dengan selera. Salah satu olahan mi yang tak jarang dijadikan pilihan ialah bakmi jawa.

Bakmi jawa merupakan salah satu makanan yang berasal dari daerah Yogyakarta. Meski terlihat seperti mi rebus yang ditambahkan telur dan beberapa sayuran saja, sebenarnya bakmi jawa menyimpan rasa yang khas di kuah kaldunya.

Resep Bakmi Jawa

Menyantap bakmi jawa dengan kuah kaldunya yang hangat ketika cuaca sedang dingin dan hujan memang menjadi pilihan yang terbaik. Jika Anda ingin mencicipi, tak perlu jauh-jauh pergi ke Yogyakarta. Anda dapat membuat bakmi jawa sendiri, lho. Penasaran? Simak resep bakmi jawa di bawah ini, ya!

Bahan-bahan
1/2 bungkus mi kering 
Beberapa lembar kol sesuai selera 
Beberapa lembar sawi sesuai selera 
1 butir telur, kocok lepas 
Air atau kaldu secukupnya 
Daun bawang sesuai selera, iris tipis-tipis 
Seledri secukupnya 
Bawang putih secukupnya, geprek atau rajang halus 
Garam secukupnya 
Lada secukupnya 
Minyak goreng secukupnya 
Bawang goreng, jika suka 
Kecap manis, jika suka 
Air untuk merebus

Langkah-langkah
1. Siapkan semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat bakmi jawa. Kemudian, siapkan panci dan isikan dengan air. Masukkan mi ke dalam panci tersebut dan rebus hingga matang. Jika sudah, angkat dan tiriskan. Sisihkan terlebih dahulu.
2. Setelah itu, ambil beberapa lembar kol dan sawi dan potong-potong sesuai dengan selera. Sisihkan. Kemudian, ambil seledri dan potong-potong dengan ukuran sebesar 2 cm. Sisihkan kembali.
3. Jika sudah, siapkan wajan dan berikan minyak secukupnya. Panaskan minyak, lalu tumis bawang putih yang telah digeprek atau dirajang halus. Tumis hingga bawang putih mengeluarkan aroma harum. Kemudian, masukkan telur dan masak menjadi telur orak-arik. Lalu, sisihkan.
4. Setelah itu, masukkan air atau kaldu jika ada ke dalam panci yang cukup besar. Rebus hingga air atau kaldu mendidih. Setelah mendidih, masukkan kol dan sawi ke dalamnya.
5. Kemudian, tambahkan garam dan lada ke dalam rebusan air atau kaldu. Lakukan tes rasa, jika dirasa sudah pas masukkan kembali telur yang telah disisihkan tadi. Terakhir, masukkan irisan daun bawang dan seledri.
6. Siapkan mangkuk saji dan taruh mi ke dalamnya. Kemudian, tuang kuah ke dalam mangkuk. Tambahkan bawang goreng di atasnya dan sedikit kecap manis jika suka. Bakmi jawa telah siap untuk disajikan.

Nah, itu merupakan resep bakmi jawa yang dapat Anda jadikan panduan memasak di rumah. Bagaimana dengan resep di atas? Mudah sekali bukan untuk Anda ikuti? Yuk, segera buat resepnya di rumah!

Sumber: Kumparan.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.