5 Cara Mengiris Bawang Tanpa Air Mata

  • Sabtu, 22/01/2022 - 09:18 WIB
Hai, Sobat Souja! Mengiris bawang merah putih maupun bombai merupakan kegiatan yang terbilang mudah. Namun, tidak sedikit orang malas melakukannya karena efek pedih yang ditimbulkan. 

Saat memotong ataupun mengiris bawang, tidak jarang orang kan meneteskan air mata. Namun, tak perlu khawatir lagi, sebab ada beberapa teknik yang bisa mencegahmu menangis saat mengiris bawang. 

Berikut 5 cara mengiris bawang tanpa air mata:
1. Potong di Tempat Berangin

Langkah mudah yang bisa kamu lakukan adalah mencari lokasi terbuka yang disertai banyak angin. Selain di lokasi terbuka, kamu juga bisa memotong bawang sambil ditemani kipas angin yang menyala.

Udara yang berhembus lewat kipas dapat menghalau senyawa belerang agar tidak mengenai mata. Caranya, cukup dengan menyalakan kipas angin, lalu arahkan pada talenan. Dijamin, kamu tak akan sakit mata.

2. Dinginkan Bawang Sebelum Dipotong

Cara lain menghindari tangis saat memotong bawang adalah dengan mendinginkannya. Sebelum diiris, dinginkan bawang merah selama 15 menit. Bawang dalam kondisi dingin akan memperlambat reaksi dan mengubah bahan kimia yang terkandung di dalamnya.

3. Potong Akarnya Lebih Dulu

Tips lain yang bisa diterapkan adalah dengan memotong bagian akarnya dulu. Bagian akar pada bawang merah diyakini memiliki konsentrasi enzim dan dan senyawa sulfur yang lebih tinggi. Sehingga bila bagian ujungnya terpotong akan menimbulkan efek perih di mata.
4. Gunakan Pisau Tajam

Sebelum memotong bawang, pastikan menggunakan pisau yang tajam. Selain bisa mempercepat proses memotong, pisau tajam juga membantu mengurangi penyebaran zat senyawa belerang yang dapat membuat kamu menangis. Ketika pisau tersebut tumpul, maka gesekan yang berlebihan akan memancing keluarnya zat yang menimbulkan efek perih di mata.
5. Rendam Bawang

Cara lainnya adalah dengan merendam bawang merah yang telah dipotong bagian atasnya. Merendam bawang selama 15-20 menit akan menarik kimia penyebab mata pedih ke dalam air. Dengan begitu, kamu tidak akan lagi menangis karena mengiris bawang merah. Hanya saja, teknik ini dapat memengaruhi cita rasa bawang.

Sumber: Kumparan.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.