Sobat Souja, siapa yang sering mengalami rasa kantuk berat saat sedang membawa kendaraan di jalan? Berkendara saat mengantuk sama bahayanya " />

Coba Atasi Rasa Kantukmu Saat Membawa Kendaraan Yuk!

  • Senin, 03/01/2022 - 10:03 WIB
Sobat Souja, siapa yang sering mengalami rasa kantuk berat saat sedang membawa kendaraan di jalan? Berkendara saat mengantuk sama bahayanya seperti saat kalian berada di bawah pengaruh obat-obatan atau minuman beralkohol. Maka dari itu, Sobat Souja perlu tahu cara menghilangkan ngantuk saat berkendara. Dalam kasus-kasus yang cukup ekstrem, rasa kantuk saat berkendara mobil atau motor dapat menyebabkan kecelakaan yang berujung cedera bahkan kematian. Jangan sampai kalian mengalami kejadian seperti itu ya, maka dari itu coba ikuti tipsnya berikut ini yuk!
 
ngantuk di mobil
Source: tstatic.net
 
1. Tidur Sebelum Berkendara
Memastikan mendapatkan jam tidur yang cukup sebelum perjalanan dapat membantu kalian terhindar dari ngantuk saat berkendara. Kurang tidur dapat menyebabkan gangguan mental yang mirip dengan mabuk. Risiko kurang tidur selama 24 jam bahkan setara dengan kandungan alkohol dalam darah sebesar 0,1 persen. Jika Sobat tidak sempat beristirahat, tidur siang singkat selama 15–30 menit dapat dilakukan agar tetap merasa segar dan waspada.

2. Minum Kopi
Jika mata dan tubuh sudah benar-benar lelah, maka Sobat butuh dorongan kafein untuk membantu menjaga kesadaran selama berkendara. Salah satu sumber kafein terbesar adalah kopi. Untuk merasakan manfaat kafein dari kopi ini, sekiranya kalian membutuhkan waktu setengah jam setelah meminumnya.

3. Menepi Tidur Sejenak
Bagi Sobat yang mengendarai mobil, cara terbaik untuk menghilangkan ngantuk saat menyetir adalah dengan tidur sejenak di kursi pengemudi yang nyaman. Saat rasa kantuk tiba, segera menepi dan tidurlah selama kira-kira 15–20 menit. Tidur singkat yang juga dikenal dengan power nap ini bisa memulihkan lagi energimu.

4. Melakukan Peregangan Ringan
Bagi pengendara motor, rasa kantuk dapat dirasakan saat melaju di jalanan yang cukup lengang. Cuaca panas dan tak bersahabat juga bisa bikin kalian mengantuk. Untuk menghindari risiko kecelakaan, lebih baik segera menepi dan turunlah dari motor. Lakukan peregangan otot dan berjalan-jalanlah kira-kira selama 10 menit. Bergerak secara aktif dapat membantu pikiranmu tetap terjaga.

5. Menyetel Musik
Mendengarkan musik favorit Sobat juga menjadi salah satu cara menghilangkan ngantuk saat berkendara yang cukup ampuh. Menyetel radio atau mendengarkan musik, lalu bernyanyi bersama dapat merangsang otak. Musik bisa meningkatkan kewaspadaan mental untuk membantumu agar tetap fokus di jalan.
 
ngantuk di mobil
Source: tagar.id
Nah, itu dia Sobat Souja beberapa tips efektif guna menghindari rasa kantuk saat kalian sedang membawa kendaraan di jalan. Jika sedang mengendarai mobil, segera temukan area parkir yang tenang dan tidur sejenak di dalam kendaraanmu. Sementara bagi pengendara sepeda motor, Sobat Souja bisa tidur di lokasi yang cukup aman, misalnya pom bensin, musala, atau masjid terdekat. Semoga tips di atas dapat berguna ya Sobat Souja!

Sumber artikel: Hellosehat.com
 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.