Bercita Rasa Asam, Ternyata Buah Kiwi Punya Beragam Manfaat Kece!

  • Kamis, 06/01/2022 - 07:16 WIB
Sobat Souja, memasuki awal tahun nampaknya cuaca panas terik membuat kita senantiasa merasakan dahaga berkepanjangan hingga membutuhkan kudapan yang menyegarkan. Salah satunya yakni dengan menyantap aneka buah - buahan. Buah kiwi bisa menjadi alternatif, lho. Namun demikian, tahukah kamu jika buah berwarna dasar hijau kekuningan ini punya beragam manfaat luar biasa? Melansir CNN Indonesia, sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa konsumsi buah kiwi secara rutin dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.


Studi yang dipublikasikan di jurnal Blood Pressure ini menganalisis efek buah kiwi pada 118 orang yang memiliki hipertensi stadium satu selama delapan minggu. Peneliti lalu membandingkan tekanan darah tersebut. Hasilnya, orang yang makan tiga buah kiwi sehari selama delapan minggu mengalami penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik. Manfaat ini berlaku baik untuk perempuan maupun laki-laki. Peneliti bahkan menyebut manfaat konsumsi buah kiwi ini lebih baik dari pada konsumsi apel setiap hari. Selain untuk tekanan darah tinggi, studi lain menunjukkan buah kiwi mampu mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.


Tak sampai disitu, buah kiwi juga bisa memelihara kesehatan kulit kamu lho Sobat Souja! Simak yuk beberapa menfaatnya di bawah ini! 


  1. Menjaga kelembapan kulit: karena kandungan vitamin C tinggi pada buah kiwi bisa meningkatkan lipid atau penghalang di kulit. Lipid pada kulit bisa membantu mengunci kelembaban dan mengikat sel-sel

  2. Mencegah penuaan dini: kiwi mengandung vitamin C yang bisa meningkatkan perlindungan pada kulit dari paparan sinar UV dan membantu produksi kolagen. Sobat bisa memakai produk perawatan dari ekstrak kiwi dan membersihkan wajah di malam hari. Produk kecantikan berbahan dasar kiwi juga bisa mengeluarkan kotoran pada wajah;

  3. Mengencangkan kulit: kiwi mengandung folat yang bermanfaat untuk pembentukan sel-sel baru dan mengencangkan kulit;

  4. Menyembuhkan luka: vitamin C pada kiwi bisa memproduksi kolagen yang bermanfaat untuk sel dan organ dalam tubuh. Vitamin ini bisa meningkatkan tubuh untuk menyembuhkan luka di kulit. 


Nah, jadikan buah kiwi sebagai kudapan rutin pada menu asupan harian kamu ya Sobat Souja! 


Sumber: CNN Indonesia dan Katadata


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.