Berapa Lama Sisa Makanan Boleh Disimpan dalam Kulkas atau Freezer?

  • Jumat, 21/01/2022 - 09:33 WIB
Hai, Sobat Souja! Selama musim liburan, waktu yang dihabiskan untuk menyiapkan makanan, dan memesan terlalu banyak makanan untuk dibawa pulang dapat menyebabkan sisa makanan selama berhari-hari.

Namun berapa lama sisa makanan baik untuk disimpan dalam kulkas atau freezer?

Idealnya, Anda harus membekukan sisa makanan agar tetap segar untuk waktu yang lama. Faktanya, sisa makanan beku bisa aman untuk dimakan hampir tanpa batas waktu, menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA).

Kendati demikian, Anda mungkin tidak selalu bisa menyimpan dan membekukannya dengan benar, sehingga membuat Anda memakan sisa makanan dengan kualitas baik.

Berikut merupakan panduan berapa lama sisa makanan yang didinginkan baik untuk dikonsumsi dan apa yang harus diingat sebelum Anda memakannya, terutama jika Anda tidak dapat mengingat sudah berapa lama itu disimpan.

Sebagaimana dilansir LiveStrong, faktor-faktor seperti jenis makanan, persiapan, dan penyimpanan yang tepat semuanya memengaruhi berapa lama sisa makanan Anda bisa digunakan.

Menurut Mayo Clinic, sisa makanan Anda umumnya dapat bertahan selama 3 hingga 4 hari di lemari es sebelum risiko keracunan makanan meningkat.

Sebelum Anda mencoba hidangan seafood yang telah disimpan di lemari es selama seminggu, ingatlah bahwa kerang lebih rentan menyimpan bakteri yang bisa membuat Anda sakit.

Beberapa makanan lebih terkait dengan penyakit bawaan makanan dan keracunan makanan daripada yang lain, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC).

Penting untuk memikirkan bahan-bahan di sisa makanan Anda karena bahan-bahan tertentu dapat menyebabkan makanan Anda lebih cepat rusak.

1. Buah-buahan dan sayur-sayuran

Produk harus dibersihkan di bawah air mengalir dan disimpan di lemari es yang bersih pada suhu 40 derajat Fahrenheit atau di bawahnya, sesuai pedoman dari Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA).

USDA mengungkapkan, kentang yang dimasak dan sayuran lainnya dapat disimpan dengan aman di lemari es selama 3 hingga 4 hari.

Beberapa buah mengeluarkan gas etilen yang dapat membuat produk lain rusak lebih cepat, menurut American Heart Association. Mereka kemudian merekomendasikan menyimpan apel jauh dari produk lain.

Purdue University menyarankan untuk makan buah yang didinginkan dalam 1 hingga 3 hari untuk rasa dan kesegaran yang maksimal.

2. Susu dan telur

Telur mentah dapat disimpan dengan aman selama 3 hingga 5 minggu sejak ditempatkan di lemari es. Dan telur rebus, menurut USDA, dapat disimpan selama seminggu. Anda harus menyimpan telur dan produk susu pada suhu sekitar 4 derajat Celsius atau sedikit di bawahnya.

Produk susu bervariasi dalam berapa lama mereka bertahan, dan itu tergantung pada jenis produk.

Menurut USDA, inilah berapa lama berbagai jenis produk susu bertahan di lemari es:

- Yoghurt dapat disimpan selama 1 hingga 2 minggu.
- Keju lunak seperti ricotta, Brie dan keju cottage dapat disimpan selama satu minggu.
- Keju keras seperti cheddar dan parmesan dapat disimpan selama 3 hingga 4 minggu setelah kemasan dibuka.
- Susu dapat disimpan selama satu minggu.

Sementara hidangan panggang yang mengandung telur seperti quiche, casserole, dan pai (labu, kemiri, dan puding) dapat bertahan antara 3 dan 5 hari di lemari es.

3. Daging dan unggas

Daging dan unggas yang dimasak dan lebih banyak daging olahan seperti chicken nugget atau roti dapat bertahan selama 3 hingga 4 hari.

Berikut berapa lama sisa daging jenis lain dapat bertahan saat disimpan pada suhu sekitar 4 derajat Celsius:

- Daging makan siang yang dikemas dan dipotong-potong dan dibuka dapat bertahan selama 3 hingga 5 hari.
- Ham yang dimasak dan dibungkus utuh dapat bertahan selama satu minggu, atau 3 hingga 5 hari jika diiris.
- Ikan dan Kerang
- Ikan yang dimasak akan bertahan selama 3 hingga 4 hari dan ikan asap akan bertahan hingga 14 hari, menurut FDA.

Sementara kerang yang dikupas harus disimpan hingga 3 hari dan kerang yang dimasak dengan cangkangnya harus bertahan hingga 2 hari di lemari es.

4. Roti

Roti dan roti gulung yang dipanggang secara komersial dapat disimpan di lemari es selama 1 hingga 2 minggu. Jangan makan roti yang tampaknya berjamur.

5. Salad Deli

Salad deli (seperti salad telur, ayam, ham, tuna, dan makaroni) dapat disimpan dengan aman di lemari es selama 3 hingga 4 hari.

6. Sup

Sup dan semur dengan daging dan/atau sayuran baik untuk 3 sampai 4 hari di lemari es.

7. Makanan penutup

Umur makanan penutup yang didinginkan bervariasi. Menurut USDA, kue yang dibeli di toko atau buatan sendiri dapat bertahan hingga 2 bulan di lemari es dan makanan penutup basah seperti cheesecake baik untuk satu minggu.

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.