Diet Terbaik untuk Otak Menurut Penelitian

  • Kamis, 13/01/2022 - 11:36 WIB
Hai, Sobat Souja! Studi terbaru menemukan diet terbaik untuk kesehatan otak. Diet ini mencakup pola makan sehari-hari yang dijalani seseorang.

Studi yang dipublikasikan di British Journal of Noutrition ini menganalisis lebih dari 900 orang dewasa yang mengalami penurunan kognitif atau fungsi otak. Studi dilakukan selama sekitar 3 tahun.

Peneliti menilai pola makan yang dijalani setiap orang. Peneliti lalu membandingkannya dengan kesehatan kognitif terkait memori, bahasa, dan visual.

Hasilnya, peneliti mendapati orang yang menjalani prinsip diet Mediterania mengalami penurunan fungsi kognitif yang jauh lebih lambat. Peneliti pun menyimpulkan bahwa diet Mediterania merupakan diet terbaik untuk otak.

Diet Mediterania adalah diet yang diadaptasi dari pola makan orang-orang yang tinggal di kawasan Mediterania. Diet ini menekankan pada banyak konsumsi sayur, buah, kacang-kacangan, dan minyak zaitun. Protein didapat dari ikan, daging unggas, susu rendah lemak, dan sedikit daging.

Peneliti menemukan orang yang patuh menjalani diet Mediterania dikaitkan dengan penurunan fungsi kognitif lebih lambat hingga 7 persen.

Selain itu, setiap tambahan konsumsi sayur per hari dikaitkan dengan penurunan 2,3 persen lebih lambat setiap tahunnya.

"Hasil kami memberikan dukungan untuk gagasan bahwa diet Mediterania mungkin memiliki peran protektif terhadap seluruh rangkaian penurunan kognitif, mulai dari keluhan subjektif pertama," tulis peneliti dikutip dari Cambridge University Press.

Hasil temuan ini juga didukung oleh sejumlah studi lain yang menyebut diet Mediterania baik untuk kesehatan. Dikutip dari Eat This, studi sebelumnya menunjukkan diet Mediterania dikaitkan dengan kemampuan berpikir yang lebih baik. Studi lain juga menemukan diet Mediterania dapat membuat otak enam tahun lebih muda

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.