4 Tips Agar Tak Gampang Tersulut Emosi

  • Minggu, 09/01/2022 - 07:45 WIB
Sobat Souja, setiap orang tentu pernah merasakan emosi. Saat emosi meledak, hal tersebut memicu seseorang kerap kali bertindak di luar kendali. Melatih kesabaran adalah hal yang perlu dilakukan, karena dengan sabar kita akan jadi orang yang lebih dewasa, tidak mudah menyalahkan orang lain dan memperbaiki hubungan dengan orang di sekitar kita. Nah, agar kamu menjadi orang yang lebih sabar, coba praktikan beberapa tips berikut ini seperti dilansir melalui Fimela, 


Perhatikan Circle Pertemanan 
Bergaul dengan orang yang memiliki sifat buruk akan mudah memancing emosi kita, jadi hindari pertemanan seperti itu. Sebaliknya, bergaullah dengan orang yang positif agar kamu lebih bisa mengendalikan diri dan mereka juga bisa mengingatkanmu saat kamu berada di jalur yang salah.


Melihat Sisi Positif Permasalahan
Kalau kita melihat segala sesuatu dari sisi buruknya, mudah bagi kita untuk bersikap kasat dan emosional. Agar terhindar dari perasaan sedih dan kecewa yang berlebihan, biasakan dirimu untuk melihat segala sesuatu dari sisi positifnya. Percayalah di balik kejadian buruk yang menimpamu pasti ada hikmah di dalamnya.


Biasakan Berpikir Sebelum Bertindak
Mungkin sulit untuk berpikir jernih saat emosi sedang meledak, tetapi kamu harus belajar mengendalikan emosimu. Jika kamu kesulitan untuk berpikir, tenangkan dirimu dengan menarik nafas atau berhitung secara perlahan itu akan membantumu menaahan emosi. Setelah merasa tenang, baru berbicara.


Tidak Semua Hal Harus direspon
Bedakan mana hal yang penting dan tidak, karena tidak semua hal perlu kamu respon. Jangan habiskan energimu untuk mengurusi sesuatu yang tidak penting dan tidak membawa dampak positif untuk hidupmu.


Semoga bermanfaat! 


Sumber: Fimela

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.