7 Sumber Makanan dan Minuman Probiotik untuk Vegan

  • Rabu, 02/02/2022 - 10:29 WIB
Hai, Sobat Souja! Probiotik merupakan bakteri atau mikroorganisme yang dikenal memberi manfaat bagi kesehatan. Kandungan probiotik dapat ditemukan dalam makanan, minuman, dan suplemen.

Terlebih bagi orang menjalani diet vegan, maka probiotik ini sangat dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan sistem pencernaan. 

Orang yang menjalani diet vegan perlu mengonsumsi probiotik agar pencernaan tetap sehat dan terhindar dari penyakit seperti sindrom iritasi usus besar.

Ada banyak sumber probiotik untuk vegan yang bisa dikonsumsi. Akan tetapi jenisnya tidak termasuk yoghurt karena berbahan dasar susu.

Manfaat Probiotik

Dilansir dari laman Medical News Today, beberapa penelitian menunjukkan bahwa probiotik memiliki manfaat seperti berikut:

Melancarkan pencernaan

Probiotik dapat membantu memecah makanan lebih cepat sehingga melancarkan proses pencernaan.

Mereka juga efektif mengurangi sembelit dan gejala penyakit crohn atau sindrom iritasi usus besar yaitu irritable bowel syndrom (IBS).

Kurangi risiko kanker

Studi lain menunjukkan bahwa gangguan mikrobiota usus berperan meningkatkan risiko penyakit kanker radang usus dan kanker terkait kolitis.

Oleh karena itu, para peneliti menyarankan mengonsumsi makanan atau minuman probiotik dapat membantu mencegah penyakit kanker tersebut.

Menjaga kesehatan vagina

Vagina umumnya menjadi tempat bagi pertumbuhan bakteri yang jumlahnya banyak. Selain itu penggunaan antibiotik, spermisida, pil KB bisa menyebabkan infeksi.

Dengan mengonsumsi probiotik maka kesehatan vagina dapat terjaga, pH-nya seimbang, serta membantu mencegah risiko penyakit berbahaya.

Mengurangi efek samping antibiotik

Lebih dari sepertiga orang yang aktif menggunakan antibiotik akan mengalami diare akibat antibiotik. Sebab antibiotik sangat berpotensi membunuh bakteri baik.

Tapi beberapa dokter merekomendasikan agar orang tersebut mengimbangi dengan asupan probiotik.

Kurangi risiko penyakit metabolik

Obesitas dan diabetes tipe 2, termasuk penyakit metabolik. Penelitian lain melaporkan bahwa manfaat probiotik mampu meningkatkan kontrol glikemik dalam tubuh.

Selain itu metabolisme lipid pada orang dengan diabetes tipe 2 juga lebih terkontrol, sedangkan mengonsumsi probiotik secara teratur cukup efektif mengobati kondisi tersebut.

Sumber Probiotik untuk Vegan

Kimchi dan asinan kubis termasuk makanan probiotik untuk vegan (Foto: iStockphoto/4kodiak)

Di bawah ini terdapat beberapa daftar makanan probiotik untuk vegan yang diperkaya dengan vitamin serta mineral.

1. Asinan kubis

Kubis fermentasi atau sauerkraut merupakan hidangan populer yang sering dikonsumsi orang-orang dari negara Eropa Timur karena kaya probiotik, potassium, vitamin C dan K.

Bakteri lactobacillus pada kubis fermentasi dapat mengubah gula menjadi asam laktat sehingga memberi rasa asam. Makanan ini dapat dinikmati bersama salad atau sandwich.

2. Kimchi

Kimchi adalah olahan kubis pedas yang difermentasi dan populer dalam masakan Korea karena mengandung probiotik, vitamin, dan antioksidan.

Proses membuat kimchi hampir sama dengan asinan kubis. Selain memakai kubis, kimchi bisa menggunakan jenis sayuran hijau lain.

3. Acar sayuran

Mengasinkan sayuran dalam air garam menjadi acar sayur ternyata kaya akan probiotik sehingga cocok untuk konsumsi makanan vegan.

Acar sayuran bisa dari mentimun, wortel, lobak, dengan bumbu bawang putih, merica atau daun salam. Dikarenakan jumlah natriumnya tinggi sebaiknya konsumsi dalam porsi sedang.

4. Kombucha

Kombucha adalah teh fermentasi dengan jumlah probiotik tinggi sehingga bisa dinikmati oleh orang yang menjalani hidup sebagai vegan.

Proses membuat kombucha memang butuh starter SCOBY yaitu campuran antara bakteri dan ragi. Tapi saat ini sudah banyak kombucha yang mudah dibeli di supermarket.

5. Kefir

Kefir air adalah minuman probiotik yang sama halnya seperti kombucha karena membutuhkan campuran antara bakteri dan ragi.

Meski kefir air tinggi probiotik, tidak semua produk berbahan kefir seperti susu kefir cocok untuk dikonsumsi orang vegan.

6. Tempe

Tempe adalah makanan fermentasi dengan bahan utamanya kedelai dan mirip seperti proses pembuatan tahu.

Hasil fermentasi kedelai sampai menjadi tempe diklaim mempunyai kadar probiotik tinggi dan sumber protein terbaik.

7. Miso

Sup miso juga termasuk makanan probiotik untuk vegan karena mengandung probiotik, antioksidan, dan vitamin B.

Kegunaan lain dari sup miso dapat dijadikan bumbu marinasi masakan, bumbu tumis, atau saus salad.


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.