Tak disangka, 5 Kebiasaan ini Sebabkan Gangguan Saraf

  • Senin, 31/01/2022 - 11:19 WIB
Sobat Souja, sistem saraf adalah sebuah sistem kompleks yang berperan dalam mengoordinasikan semua aktivitas di tubuh kita. Tahukah kamu jika sejumlah kebiasaan dapat merusak sistem saraf. Hindari kebiasaan yang merusak saraf agar sistem saraf tetap sehat dan bekerja optimal. Saraf yang rusak atau terganggu dapat menimbulkan rasa sakit dan juga merusak sistem tubuh. Melansir CNN Indonesia, beberapa gangguan yang biasanya muncul adalah neuropati yang ditandai dengan kelemahan dan mati rasa.


Kurang Konsumsi Sayur dan Buah
Kurang makan buah dan sayur dapat menyebabkan kekurangan vitamin dan mineral yang berisiko merusak saraf. Salah satu vitamin yang dibutuhkan adalah B12. Vitamin ini berperan penting dalam metabolisme setiap sel. Kekurangan vitamin ini dikaitkan dengan neuropati.


Konsumsi Alkohol
Kebiasaan yang merusak saraf berikutnya adalah alkohol. Studi menunjukkan konsumsi alkohol terbukti bersifat racun yang dapat menyebabkan neuropati. Alkohol memperlambat fungsi sistem saraf pusat dan mengubah persepsi, emosi, gerakan, penglihatan dan pendengaran seseorang.


Makan Berlebihan
Mengutip Respiratory Therapy Zone, makan berlebihan memicu kadar gula darah tinggi dan diabetes. Lebih dari setengah orang diabetes mengalami gangguan saraf yang dikenal denagn deuropati diabetik. Gangguan saraf lainnya, neuropati periferal juga umumnya dijumpai pada orang dengan kadar gula darah tinggi, tekanand darah tinggi, dan kelebihan berat badan.


Paparan Bahan Kimia
Paparan bahan kimia tertentu dalam jangka waktu lama misalnya di tempat kerja juga terkait dengan gangguan saraf neuropati perferal. Beberapaa bahan kimia itu di antaranya merkuri, timbal, arsenik, dan talium. Beberapa insektisida juga dikaitkan dengan gangguan saraf.


Kerja Berlebihan
Berlebihan menggunakan anggota gerak misalnya pada jari, siku, atau lutut bisa merusak saraf. Beri jeda atau istirahat sejenak agar tidak menyebabkan kerusakan saraf. 


Sumber: CNN Indonesia dan AlaDokter


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.