5 Cara Mengecilkan Kaki yang Gemuk

  • Rabu, 30/03/2022 - 10:53 WIB
Hai, Sobat Souja! Memiliki ukuran kaki yang gemuk cukup memengaruhi penampilan lantaran membuat proporsi tubuh tampak tak seimbang.

Akan tetapi, cara mengecilkan kaki yang gemuk sebenarnya masih bisa diatasi dengan serangkaian latihan dengan memfokuskan pada bagian otot kaki. Hal ini bertujuan supaya memberi efek kencang dan padat pada kaki.

Merujuk laman Healthline, area kaki merupakan bagian anggota tubuh paling rentan menyimpan banyak lemak, terutama di area paha sampai betis.

Di bawah ini terdapat beberapa cara cukup ampuh agar lemak-lemak tersebut berkurang dan tampilan kaki menjadi kencang, jenjang, serta ukurannya ideal.

1. Diet
 
d 
Sumber: Lifestyle bisnis 
 
Cara terbaik untuk mengecilkan kaki gemuk yaitu menjalani diet sehat seimbang disertai olahraga rutin.

Selama menjalani diet, tidak ada salahnya Anda melakukan defisit kalori untuk mengurangi sekitar 250-500 total kalori harian.

Diet dibarengi olahraga juga dapat meningkatkan proses metabolisme dan pembakaran lemak lebih cepat.

2. HIIT
 
f 
Sumber: NBC News 

HIIT atau latihan interval intensitas tinggi merupakan salah satu latihan paling efektif untuk membangun kekuatan otot kaki sekaligus menghancurkan lemak dalam tubuh.

Dikarenakan intensitas latihan HIIT cukup tinggi, kebanyakan orang melakukannya sekitar 2-3 kali dalam seminggu sesuai kebutuhan.
  
Rangkaian latihan HIIT sebaiknya digabung bersama yoga atau kardio untuk menyeimbangkan supaya proses pemulihan tubuh lebih cepat.

3. Kardio

Cara mengecilkan kaki yang gemuk berikutnya yaitu latihan kardio seperti lari, lompat tali, bersepeda, atau berenang.

Selain melatih kekuatan otot jantung, kardio juga bermanfaat memperkuat otot kaki serta memaksimalkan pembakaran metabolisme tubuh.

Olahraga jenis ini tidak hanya bagus untuk mengecilkan kaki. Melainkan ampuh melunturkan lemak dalam tubuh, apabila rutin dilakukan sekitar 60 menit per minggu.

4. Strength training

Strength training atau latihan kekuatan otot ini telah dipercaya para peneliti karena bisa membakar banyak kalori.

Olahraga berikut bertujuan dalam meningkatkan massa otot, sendi, menurunkan berat badan, serta menjaga kebugaran tubuh.

Gerakan strength training melibatkan 30 persen seluruh anggota tubuh, terutama bagian tubuh ke bawah termasuk kaki yaitu 70 persen.

5. Latihan otot bagian dalam

Untuk menjaga kaki tetap kuat dan kencang, sebaiknya imbangi dengan latihan khusus otot bagian dalam yang fokusnya menargetkan seluruh bagian kaki.

Latihan otot bagian dalam ini dapat Anda kombinasikan secara bersamaan. Adapun gerakan yang bisa dilakukan yakni sumo squat, side lunges, curtsy lunge, skaters, dan side-lying adduction. Berikut penjelasannya.

Sumo Squat

Posisi sumo squat memang menyerupai seperti olahraga sumo, sehingga kedua bagian kaki dibuka lebih lebar.

Ketika melakukan pose sumo squat, pastikan tubuh Anda tetap tegap, boleh menambahkan dumbbell di tangan, lalu tahan posisi tersebut beberapa detik dan lakukan berulang sebanyak 3 sesi.

Side Lunges

Side lunges mempunyai titik fokus di lutut. Pertama, cukup berdiri tegap sambil buka kedua kaki selebar pinggul.

Ambil langkah kaki melebar ke kiri, tekuk lutut kiri sambil dorong pinggul ke belakang. Begitu juga sebaliknya pada kaki kanan masih sama, lakukan gerakan berulang selama 2 sesi.

Curtsy Lunge

Gerakan curtsy lunge dimulai dengan posisi berdiri tegap, kemudian arahkan salah satu kaki ke belakang, angkat, dan gerakan ke atas serta bawah, sambil sedikit menurunkan badan.

Lakukan gerakan tersebut secara berulang selama 45 detik agar bokong, paha, betis menjadi lebih kencang.

Skaters

Pose skaters diawali dengan berdiri tegap, lalu turunkan badan perlahan sambil arahkan kaki ke belakang sambil menyilang ke kanan dan kiri.

Gerakan skaters ini bisa dikombinasikan dengan sedikit lompatan mengayun ke kanan dan kiri, kemudian mendarat ringan.

Side-lying adduction

Cara mengecilkan kaki yang gemuk selanjutnya yaitu dengan latihan side-lying adduction, sambil berbaring miring.

Posisikan tubuh miring ke samping, lalu angkat kaki bagian bawah, sementara bagian atas ditekuk ke depan, kemudian tahan beberapa detik dan lakukan berulang selama 2 sesi.

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.