5 Cara Membuat Masker Alami untuk Mencerahkan Wajah

  • Senin, 28/03/2022 - 09:32 WIB
Hai, Sobat Souja! Masker merupakan salah satu perawatan kecantikan yang punya beragam fungsi untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah. Mulai dari eksfoliasi, mengembalikan keremajaan kulit, hingga mencerahkan.

Meski produk masker sudah banyak dijual di pasaran, sebagian dari Anda mungkin lebih tertarik membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan alami yang lebih natural dan bebas dari campuran kandungan kimia.

Cara membuat masker alami untuk mencerahkan wajah sebenarnya tidak sulit dan menggunakan bahan-bahan yang cukup mudah didapat. Berikut pilihan masker alami yang bisa dicoba.

1. Masker buah nanas
 
d 
Sumber: Liputan6.com 

Mengutip Women's Health, masker wajah berbahan dasar buah nanas ini merupakan eksfoliasi alami untuk mengangkat penumpukan sel-sel kulit mati.

Apabila sel mati tersebut berhasil dibersihkan maka kulit akan terasa lebih cerah, bebas kusam, serta mengembalikan kilau alaminya.

Bahan:

¼ cangkir buah nanas yang sudah dihaluskan
2 sdm tepung almond
1 sdt santan murni
Cara membuatnya, cukup campurkan semua bahan jadi satu ke dalam mangkuk. Oleskan merata ke seluruh permukaan wajah, diamkan selama 15 hingga 20 menit lalu bilas.

2. Masker pisang dan minyak almond
 
d 
Sumber: SehatQ 
 
Perpaduan kedua bahan utamanya yaitu minyak almond dan pisang dinilai efektif dalam mencerahkan sekaligus meratakan warna kulit.

Pisang adalah sumber vitamin B6 dan C, yang bisa merangsang produksi kolagen dan menjaga elastisitas. Sementara minyak almond bersifat antioksidan untuk melawan radikal bebas.

Bahan:

½ potong pisang yang sudah dihaluskan
1 sdt almond oil
Cara membuat masker almond oil dan pisang yakni tinggal campurkan kedua bahan utama, lalu oles ke wajah yang sudah bersih. Biarkan 20 menit dan terakhir tinggal bilas memakai air hangat.

3. Masker tomat dan mentimun

Masker alami untuk mencerahkan wajah bisa menggunakan tomat dan mentimun. Manfaat tomat sebagai masker kulit diklaim mampu mengatasi beragam masalah kulit berkat antioksidan likopen yang turut bertindak sebagai tabir surya alami.

Sementara mentimun bermanfaat untuk meningkatkan warna kulit dengan menghilangkan flek hitam, pigmentasi, dan noda bekas luka.

Bahan:

1 tomat kecil dihaluskan
1 atau ½ mentimun, kupas kulitnya dan dihaluskan
Cara membuat masker tomat dan mentimun cukup mudah. Pastikan kondisi wajah Anda sudah bersih, lalu aplikasikan seperti biasa sampai rata dan biarkan meresap sekitar 20 menit, selanjutnya bilas memakai air dingin.

4. Masker pepaya madu

Pepaya matang mengandung enzim papain untuk meremajakan kulit. Sementara vitamin A, C, E, dan antioksidan di dalamnya membantu melembapkan serta melindungi kulit dari infeksi.

Tak hanya itu, pepaya juga efektif membantu mengurangi tanda-tanda penuaan kulit seperti bintik-bintik hitam.

Bahan:

½ cangkir pepaya matang yang sudah berbentuk pasta
1 sdt madu asli atau murni
Cara membuat masker pepaya madu yakni lumatkan pepaya di mangkuk dan campurkan dengan madu. Setelah itu, aplikasikan ke seluruh wajah dan diamkan 20 menit. Cara membilasnya bisa dengan waslap basah atau mencuci muka dengan air biasa.


5. Masker lemon kentang

Ekstrak kentang yang diberi perasan air lemon dapat bertindak sebagai zat pemutih alami dalam mencerahkan kulit wajah.

Sebab kedua bahan tersebut memiliki kandungan vitamin C tinggi untuk melawan hiperpigmentasi sekaligus melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas.

Bahan:

1 kentang kecil, kupas, dan haluskan
1 buah jeruk nipis, ambil perasan airnya
Cara membuat masker lemon kentang dimulai dengan menaruh bersamaan kedua bahan ke wadah sambil aduk rata. Aplikasikan ke wajah sampai leher dan tunggu 20 menit. Setelah itu tinggal bilas memakai air seperti biasa.

Sebagai tambahan, seluruh rangkaian masker alami untuk mencerahkan wajah ini sebaiknya digunakan 2-3 kali dalam seminggu dengan durasi pemakaian maksimal 20 menit agar hasilnya maksimal.

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.